Penerapan Pembelajaran Langsung Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI Negeri 1 Banyumas

Wiwit, Rahayu (2021) Penerapan Pembelajaran Langsung Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI Negeri 1 Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Abstrak_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wiwit Rahayu_Penerapan Pembelajaran Langsung Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI Negeri 1 Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru membutuhkan beberapa model pembelajaran untuk menyampaikan materi kepada siswa, demi tercapainya tujuan pendidikan. Salah satu model yang digunakan dalam penyampaian materi tersebut yaitu dengan menyampaikan materi secara langsung kepada siswa, atau biasa kita sebut dengan pembelajaran langsung, selain itu ada model pembelajaran lain yang dikenal dengan pembelajaran snowball throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan penerapan model pembelajaran langsung tipe snowball throwing siswa kelas V MI Negeri 1 Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Umar Bin Khattab kelas MI Negeri 1 Banyumas. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran langsung tipe snowball throwing dalam mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran siswa kelas V MI Negeri 1 Banyumas. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran langsung tipe snowball throwing pada pembelajaran tematik kelas V di MI Negeri 1 Banyumas dilakukan secara langsung dengan metode ceramah, setelah melewati langkah-langkah pembelajaran, untuk kegiatan akhir guru membagi siswa menjadi 5 kelompok, kemudian guru memberikan selembar kertas pada tiap kelompok lalu setiap kelompok menuliskan beberapa pertanyaan terkait materi yang telah dibahas. Selanjutnya kertas tersebut diremas menyerupai bola dan dilemparkan kepada kelompok lain. Setiap kelompok menjawab pertanyaa kelompok lain dengan cara presentasi, lalu setiap siswa mempuyai hak untuk menyanggah atau menambahkan jawaban dari teman yang sedang presentasi. Untuk tahap evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu teknik tes menggunakan soal pilihan ganda, soal uraian, dan soal isian. Dan teknik nontes guru melakukan pengamatan terhadap perilaku siswa dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Langsung, Pembelajaran Snowball Throwing, Pembelajaran Tematik, MI Negeri 1 Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wiwit Rahayu
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:15
Last Modified: 12 Aug 2021 23:15
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item View Item