STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS III A DI MI MA'ARIF NU AJIBARANG KULON

Rosi, Yuniati (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS III A DI MI MA'ARIF NU AJIBARANG KULON. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_ Bab V_ Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rosi Yuniati_Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III A di MI Ma'arif NU Ajibarang Kulon.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan serta kebiasaan yang diturunkan oleh generasi terdahulu ke generasi selanjutnya guna memberikan arahan kepada seseorang dalam menghadapi globalisasi. Khususnya dalam pembentukan karakter yang diselenggarakan oleh sekolah atau madrasah melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan di madrasah guna membentuk karakter baik pada peserta didik dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari- hari. Dalam menjalankan pembentukan karakter di madrasah tentu membutuhkan strategi agar tujuan yang ingin dicapai dapat berjalan sesuai dengan rencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter siswa kelas III A di MI Ma’arif NU Ajibarang Kulon. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap dan pemikiran seseorang secara individual maupun kelompok. Lokasi penelitian yaitu MI Ma’arif NU Ajibarang Kulon , dengan subjek penelitian yaitu Kepala Madrasah, Guru Kelas III A, dan siswa Kelas III A. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembentukan karakter siswa kelas III A di MI Ma’arif NU Ajibarang Kulon dilaksanakan secara sistematis seperti, pengintegrasian nilai dan etika dalam pembelajaran, pembiasaan dan latihan, pemberian contoh dan teladan, penciptaan suasana berkarakter di sekolah dan pembudayaan. Selain itu juga dengan menajlin hubungna yang baik dengan orang tua siswa. Dalam pelasanaannya tentu mengalami beberapa hambatan seperti, perbedaan latar belakang siswa, intensitas waktu yang sedikit, adanya orang tua yang menutup-nutupu, perbedaan kemampuan siswa dan rendahnya tingkat kesadaran orang tua siswa. Kata kunci : strategi, pendidikan karakter, strategi pembentukan karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi, pendidikan karakter, strategi pembentukan karakter
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosi Yuniati sdr
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:54
Last Modified: 12 Aug 2021 07:54
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10779

Actions (login required)

View Item View Item