WACANA DAKWAH BAGI GENERASI MILENIAL PADA AKUN INSTAGRAM @SHIFTMEDIA.ID (Kajian Analisis Wacana Teun A. Van Dijk)

Febby, Setiandini (2021) WACANA DAKWAH BAGI GENERASI MILENIAL PADA AKUN INSTAGRAM @SHIFTMEDIA.ID (Kajian Analisis Wacana Teun A. Van Dijk). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Febby Setiandini_Wacana Dakwah Bagi Generasi Milenial Pada Akun Instagram @shiftmedia.id (Kajian Analisis Wacana Teun A. Van Dijk).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Memasuki abad ke-21 ini terjadi perkembangan tekhnologi yang sangat cepat, seakan-akan menjadikan tuntutan baru terhadap agama, supaya beradaptasi dengan kecepatan tekhnologi. Maka dari itu, dakwah saat ini masuk ke dalam media online, seperti media sosial. Dengan adanya media sosial, dakwah bisa masuk ke semua generasi. Dengan memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah, Ustadz Hanan Attaki dan tim @shiftmedia.id membuat inovasi baru mengenai dakwah modern yang dikemas menarik dalam durasi satu menit video. Tidak ketinggalan mengenai diksi dan gaya bahasa yang digunakan Ustadz Hanan Attaki lebih modern, gaul, dan tidak menggurui. Hal tersebut membuat anak muda tertarik untuk mendengarkan video tersebut dan mengubah stereotip tentang dakwah yang kuno menjadi dakwah modern dan penyampaian yang mudah dipahami oleh generasi Milenial. Permasalahan yang dijawab penelitian ini adalah wacana dakwah yang terdapat di akun Instagram @shiftmedia.id serta respon generasi Milenial terhadap dakwah di Instagram. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan visualisasi media. Selanjutnya data yang diperoleh diolah menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk yang memiliki elemen analisis teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Hasil penelitian ini adalah bahwa akun @shiftmedia.id mempunyai bahasan permasalahan yang menyangkut remaja. Misalnya dari enam postingan tersebut mengambil tema akhlakul karimah, di mana Ustadz Hanan Attaki lebih memfokuskan pada akhlak remaja yang harus dibangun dan perbaiki agar tidak melenceng dari kaidah islam. Respon followers sendiri cukup baik, karena dengan gaya bahasa dan pengemasan video sangat menarik. Sehingga membuat followers berhenti untuk scroll dan mendengarkan kajian tersebut, serta pesan dakwah yang hendak di sampaikan Ustadz Hanan Attaki tersampaikan Dengan demikian, wacana dakwah di @shiftmedia bisa merubah pola pikir muda-mudi menuju ke jalan yang di ridhai Allah SWT, serta memberikan jawaban mengenai permasalahan yang sedang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wacana Dakwah, Generasi Milenial, Analisis Teun A. Van Dijk
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Febby Setiandini
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:27
Last Modified: 13 Aug 2021 04:27
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10771

Actions (login required)

View Item View Item