PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS 3 DI MI MODERN AL-AZHARY AJIBARANG)

Afrida, Luthfia Rosdiani (2021) PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS 3 DI MI MODERN AL-AZHARY AJIBARANG). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFRIDA LUTHFIA ROSDIANI _PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19-halaman-1-143.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negeri belahan dunia khususnya di Negara Indonesia pada Senin, 2 Maret 2020 telah mempengaruhi sektor dalam pendidikan sehingga pembelajaran tatap muka ditiadakan terlebih dahulu untuk memutus penyebaran Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru tematik kelas 3, kepala sekolah, wali murid kelas 3 dan siswa kelas 3 MI Modern Al-Azhary. Hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19, melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan model daring (dalam jaringan) yang dimulai pada Senin, 16 Maret 2020 dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Meet, Google Form, Youtube dan Video. Dalam pelaksanaan tematik daring kegiatan pendahuluan dibuka dengan salam, menanyakan kabar, pada kegiatan inti diharuskan siswa aktif dalam tanya jawab saat pembelajaran,secara tidak langsung siswa diajarkan oleh dua orang pendidik yaitu bapak ibu guru dan orang tua. Penyampaian materi dengan menggunakan VN (Voice Note) WhatsApp. Kegiatan penutup diakhiri dengan salam penutup dan penyampaian pesan guru. Kegiatan evaluasi dengan pemberian tugas yang dikumpulkan dalam bentuk foto, video ataupun video call WhatsApp yang dikirimkan kepada guru tematik tersebut. Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik daring adanya kendala yang dirasakan oleh guru, orang tua dan kepala sekolah seperti sinyal yang tidak lancar di daerah tempat tinggal, munculnya ketidak harmonisan antara guru dan orang tua, siswa sering kali jenuh dengan pembelajaran tematik daring. Solusi yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah terkait sinyal yaitu pihak sekolah menyarankan siswa yang berdekatan untuk datang ke rumah temannya, saat berlangsungnya PTS atau PAT sinyal tidak lancar siswa diperintahkan untuk datang ke sekolah dan adanya webinar yang diadakan oleh sekolah bersama orang tua. Solusi yang diberikan oleh orang tua seperti membuat ruangan khusus pembelajaran tematik jarak jauh, belajar sembari bermain dan membantu saat kesulitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afrida Luhfia sdr
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:51
Last Modified: 12 Aug 2021 04:51
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10751

Actions (login required)

View Item View Item