PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI (Studi pada IPNU-IPPNU Ranting Peniron Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga)

Abdul, Basit (2021) PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI (Studi pada IPNU-IPPNU Ranting Peniron Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka .pdf

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abdul Basit_Peran Pemimpin dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi (Studi pada IPNU-IPPNU Ranting Peniron Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberadaan seorang pemimpin dalam sebuah organisasi merupakan suatu hal yang mutlak diperlukan. Kesuksesan dan kemajuan sebuah organisasi sangat ditentukan pada peran pemimpin dalam memaksimalkan segala macam sumber daya organisasi dan menjalankan aktivitas organisasi dengan maksimal. Di zaman yang semakin modern, untuk mengembangkan dan mengaktifkan organisasi IPNU- IPPNU semakin mengalami banyak tantangan dan halangan, terutama di desa-desa atau lebih dikenal dengan ranting. Tak jarang ada organisasi ranting IPNU-IPPNU yang mengalami banyak kendala hingga mengakibatkan tidak aktifnya organisasi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pemimpin di organisasi IPNU-IPPNU ranting peniron kecamatan Bojongsari kabupaten Purbalingga dalam meningkatkan kinerja organisasi. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemimpin di organisasi IPNU- IPPNU ranting Peniron kecamatan Bojongsari kabupaten Purbalingga telah melakukan peran sebagai pemimpin untuk meningkatkan kinerja organisasi mulai dari peran hubungan antar pribadi (interpersonal role), peran yang berhubungan dengan informasi (informational role), dan juga peran pembuat keputusan (decision role). Kinerja organisasi dari aspek kuantitatif, program kerja yang direncanakan bisa terealisasi semua; aspek kualitatif, program kerja yang dilakukan bisa menarik perhatian anggota dan yang berpartisipasi seringkali melebihi yang direncanakan; dan juga aspek ketepatan waktu, program kerja yang dilaksanakan selalu sesuai dengan waktu yang direncanakan, tetapi ada beberapa hal tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan karena sifatnya yang kondisional. Kata Kunci: Peran, Pemimpin, Kinerja, Organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pemimpin, Kinerja, Organisasi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sdr Abdul Basit
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:37
Last Modified: 16 Aug 2021 04:37
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10748

Actions (login required)

View Item View Item