PELAKSANAAN METODE PEMBIASAAN DI TKIT BINA PUTRA MULIA PURBALINGGA

Jarwono, 092338079 (2016) PELAKSANAAN METODE PEMBIASAAN DI TKIT BINA PUTRA MULIA PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
Jarwono_PELAKSANAAN METODE PEMBIASAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Akhir-akhir ini nafas materialisme begitu hegemonik ditunjang lagi dengan arus informasi global yang sangat massif, dapat dikatakan bahwa lingkungan sosial telah tercemar secara memprihatinkan. Moralitas sosial, begitu juga wacana-wacana yang berkembang di dalam masyarakat tidak lagi bisa berperan sebagai “lembaga pendidikan” tetapi dalam aspek-aspek tertentu bahkan kontra produktif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.Oleh karena itu maka pendidikan untuk anak perlu disesuaikan dengan minat serta tahap perkembangan anak tersebut, dan metode pembelajaran menjadi penting digunakan untuk menyampaikan materi kepada anak didik.Sepertisalahsatumetode yang diterapkanoleh TK IT Bina Putra MuliaPurbalinggadalammenanamkannilai-nilaiibadahyaitumetodepembiasaan. Berdasarkan pokok masalah di atas dapat dirumuskan masalah penelitian, yaitu : bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan dalam bidang ibadah di TK Islam Terpadu Bina Putra Mulia Purbalingga? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatandeskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitianlapangan(field research), yang dilakukan denganterjunlangsung di lapanganpenelitian, sehinggapenelitibersentuhanlangsungdengansasaranpenelitian. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dandokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan empatlangkah yaitu analisissebelumlapangan, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan(verifikasi). Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikanbagaimanacarapelaksanaanmetodepembiasaanditerapkan di TK IT Bina Putra MuliaPurbalingga. Hasil penelitian ini yaitu bahwa penerapanmetodepembiasaan di TK IT Bina Putra MuliaPurbalingga dilakukandengantigatahapyakniTahap awal guru menjelaskan tentang materi dan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang akan dibiasakan kepada siswa.Tahap kedua guru mendemonstrasikan atau mempraktikan materi yang akan dibiasakan di hadapan siswa, dengan tujuan agar siswa dapat mencontohnya dan dapat dilakukan secara berulang-ulang, sehingga siswa dengan sendirinya terbiasa untuk melakukan apa yang dipraktikkan tanpa ada rasa terpaksa.Pada tahap akhir pembiasaan dilakukan ketika ada siswa yang bermain pada waktu melakukan praktik materi pembiasaan yang disebut dengan pembiasaan paksa. Penerapan tersebut sesuai dengan langkah penerapan pembisaan paksa apabila siswa memiliki sikap negatif yang merugikan. Kata Kunci : Pelaksanaan, MetodePembiasaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 08 Sep 2016 04:41
Last Modified: 08 Sep 2016 04:41
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item View Item