PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DENGAN MODEL BELAJAR DARI RUMAH ATAU DARING DI SMP NEGERI 1 PENGADEGAN PURBALINGGA

Arlingga, Riza Damayanti (2021) PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DENGAN MODEL BELAJAR DARI RUMAH ATAU DARING DI SMP NEGERI 1 PENGADEGAN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARLINGGA RIZA DAMAYANTI_PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DENGAN MODEL BELAJAR DARI RUMAH ATAU DARING DI SMP NEGERI 1 PENGADEGAN PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengantarkan peserta didik pada pemahaman yang Islami. Dalam kehidupan beragama di Indonesia, tidak hanya agama Islam saja, melainkan juga terdapat agama Protestan, Katolik, Hindu dan Buddha. Sedangkan pendidikan budi pekerti merupakan program pengajaran di sekolah yang bertujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi manusia seutuhnya yang berbudi pekerti luhur dalam segenap peranannya di masa yang akan datang atau pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan perilaku peserta didik agar mampu melaksanakan tugas-tugas hidupnya secara selaras, serasi, semibang lahir batin, jasmani rohani, material spiritual, individu sosial, dan dunia akhirat. Dalam hal ini, SMP Negeri 1 Pengadegan merupakan sekolah negeri yang memiliki berbagai keragaman agama dan agama Islam sebagai agama mayoritas serta memiliki visi misi membentuk budi pekerti dan akhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana penerapan pembelajaran PAI dan budi pekerti dengan model Belajar Dari Rumah atau daring di SMP N 1 Pengadegan. Dalam penelitian ini, memfokuskan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti yang ada di SMP Negeri 1 Pengadegan. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana proses pembelajaran PAI dan budi pekerti dengan model Belajar Dari Rumah atau daring di SMP Negeri 1 Pengadegan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang mampu menggambarkan arti dari pengalaman hidup untuk beberapa orang tentang sebuah konsep atau fenomena. Berdasarkan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran PAI dan budi pekerti dengan model belajar dari rumah atau daring menggunakan tahap perencanaan pembelajaran atau RPP. Pelaksanaanya disesuaikan dengan kondisi siswa mengingat pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran dari rumah atau daring. Evaluasi pembelajaran berupa tes pilihan ganda yang diisi oleh peserta didik melalui google formulir, dalam menentukan ketuntasan penilaian siswa guru mengacu pada KKM dan guru juga menggunakan catatan khusus dalam menentukan ketuntasan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, Belajar Dari Rumah atau Daring
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arlingga Riza Damayanti sdri
Date Deposited: 09 Aug 2021 23:13
Last Modified: 09 Aug 2021 23:13
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10734

Actions (login required)

View Item View Item