SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DI MI MA’ARIF 03 GENTASARI

MAR ATUL KHANIFAH, NIM. 1223303021 (2016) SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DI MI MA’ARIF 03 GENTASARI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MAR ATUL KHANIFAH_SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DI MI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pendidik merupakan salah satu faktor yang penting dalam melakukan proses pembelajaran di kelas. Kesuksesan proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh keterampilan mengajar yang dimiliki guru meliputi: membuka, menutup, menjelaskan, variasi, memberi pertanyaan, mengelola kelas, dan memberi penguatan. Kurangnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas disebabkan oleh ketidak mampuan guru dalam melaksanakan peran dan fungsinya di sekolah. Kerena adanya kecenderungan penurunan kemampuan guru dalam proses pembelajaran di kelas merupakan salah satu penyebab kurang berhasilnya prestasi siswa Untuk mengatasi masalah tersebut tindakan kepala madrasah sebagai supervisor kepada guru adalah melakukan supervisi akademik meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian serta tindak lanjut dan diharap ada peningkatan keterampilan mengajar guru di MI Ma’arif 03 Gentasari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan Supervisi Akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah berkaitan dengan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar terutama keterampilan mengajar guru di MI Ma’arif 03 Gentasari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Objek penelitiannya adalah supervisi akademik serta subjek penelitian ialah kepala sekolah dan guru. Sedang analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa supervisi akademik di MI Ma’arif 03 Gentasari yang dilakukan kepala madrasah kepada guru memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan analisis serta tindak lanjut. Supervisi akademik yang dilakukan di MI Ma’arif 03 Gentasari oleh kepala madrasah berjalan sesuai jadwal yang telah dibuat diawal tahun akademik. Masing masing guru mendapat minimal dua kali disupervisi, satu kali di semester gasal dan satu kali di semester genap. Sehingga setiap semester keterampilan mengajar guru bertambah baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Tahapan Supervisi Akademik, Keterampilan Mengajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:45
Last Modified: 08 Sep 2016 03:45
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item