Sistem Peningkatan Life Skills Santri di Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell-Firdaus Kedungreja Cilacap

Asih, Yuli Rahayu (2021) Sistem Peningkatan Life Skills Santri di Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell-Firdaus Kedungreja Cilacap. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ACC SKRIPSI ASIH YULI RAHAYU.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas merupakan salah satu permasalahan bagi bangsa Indonesia untuk saat ini. Untuk menciptakan pendidikan yang menyatu dengan lingkungan dan kehidupan nyata, pendidikan mestinya bersifat preservatif dan progresif. Pendidikan life skills sekarang menjadi terobosan baru didunia pendidikan, seperti halnya di pesantren berusaha memberikan output santri yang dinilai komprehensif dan berkualitas. Adanya pengembangan life skills yang ada dalam pondok pesantren diharapkan kedepannya mampu menciptakan kemandirian pesantren.. Pendidikan yang diterapkan dalam pesantren diharapkan dapat membekali santri dalam kehidupan nyata untuk memecahkan problem yang akan dihadapi kelak dikehidupan masyarakat. Penelitian..ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, yaitu dengan menggambarkan bagaimana sistem peningkatan life skills santri yang berada dipondok pesantren Rubat Mbalong Ell-Firdaus Kedungreja Cilacap...Subjek penelitian ini adalah pengasuh pondok pesantren beserta santri pondok pesantren,sedangkan untuk lokasi penelitian yaitu pondok pesantren Rubat Mbalong Ell-Firdaus Kedungreja Cilacap..Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu : reduksi data, penyajian data dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pondok pesantren Rubat Mbalong mengelola pendidikannya dengan cara menciptakan pendidikan yang bersifat modern yang diintegrasikan dengan sistem pengajaran yang terbilang klasik dan menggunakan pengajaran kitab kuning. Tetapi untuk sistem pendidikan yang berlaku dipondok tersebut terbilang odern, diantaranya materi pelajaran, sarana prasarana, dan juga teknik mengajarnya. Terdapat bidang pengelolaan pondok untuk meningkatkan life skills santri yaitu melalui bidang pertanian, perikanan dan peternakan, industri kreatif, pangan, dan bidang kesehatan. Saran untuk pondok pesantren: akan lebih baik jika pondok pesantren mengintegrasikan program life skills santri dengan bidang lainnya. Untuk santri diharapkan lebih mematuhi segala peraturan yang aa di pondok pesantren, selain itu santri diharapkan bisa memanfaatkan segala fasilitas yang telah pondok pesantren sediakan. Kata kunci : Sistem, Pondok Pesantren, Life Skills

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem, pondok pesantren, life skills
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asih Yuli Rahayu sdri
Date Deposited: 08 Aug 2021 05:12
Last Modified: 08 Sep 2021 07:44
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10700

Actions (login required)

View Item View Item