KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA MELALUI MEDIA SOSIAL (ANALISIS MODEL KOMUNIKASI ANTARBUDAYA GUDYKUNST DAN KIM DALAM CHANNEL YOUTUBE BANDUNG OPPA)

Ai, Sahidah (2021) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA MELALUI MEDIA SOSIAL (ANALISIS MODEL KOMUNIKASI ANTARBUDAYA GUDYKUNST DAN KIM DALAM CHANNEL YOUTUBE BANDUNG OPPA). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_ Bab I_ Bab V_ Daftar Pustaka.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AI SAHIDAH_KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MELALUI MEDIA SOSIAL (Analisis Model Komunikasi Antarbudaya Gudykunst dan Kim dalam Channel Youtube Bandung Oppa).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial maka, manusia tidak pernah terlepas dari kegiatan komunikasi. Dengan adanya media sosial, manusia di berbagai belahan dunia dapat berkomunikasi tanpa adanya batasan jarak. Maka dengan media sosial ini, dapat mengakibatkan terjadinya komunikasi antar orang-orang yang memiliki latar belakang negara dan kebudayaan yang otomatis berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model komunikasi antarbudaya dalam media sosial youtube khususnya dalam channel youtube Bandung Oppa. Konten dalam channel youtube Bandung Oppa membahas mengenai budaya Indonesia dan Korea Selatan. Jenis penelitian dalam penelitain ini adalah kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori model komunikasi antarbudaya Gudykunst dan Kim yang memiliki empat faktor konseptual yakni budaya, sosiobudaya, psikobudaya dan lingkungan. Hasil dari penelitian ini adalah model komunikasi antarbudaya dalam channel youtube Bandung Oppa berupa komunikasi yang setara. Artinya encoder dan decoder saling bertukar pesan. Namun, komunikasi yang terjadi dalam channel youtube Bandung Oppa cenderung statis karena pertukaran pesan hanya sampai pada encoder 3. Model komunikasi dalam channel youtube Bandung Oppa juga dipengaruhi oleh faktor budaya, sosiobudaya, psikobudaya dan lingkungan. Faktor budaya yakni perbedaan dan persamaan antara budaya Indonesia dan Korea Selatan, faktor sosiobudaya berupa konsep diri orang Indonesia dan Orang Korea Selatan pada saat berkomunikasi, faktor psikobudaya berupa stereotipe dan sikap orang Indonesia terhadap orang Korea Selatan maupun sebaliknya dan faktor lingkungan berupa lingkungan dunia maya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, media sosial, channel youtube bandung oppa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ai Sahidah sdri
Date Deposited: 08 Aug 2021 02:57
Last Modified: 08 Aug 2021 02:57
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10681

Actions (login required)

View Item View Item