Pembelajaran Tematik berbasis Karakter di MI Ma'arif NU Patikraja

Hani, Wulandari (2021) Pembelajaran Tematik berbasis Karakter di MI Ma'arif NU Patikraja. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hani Wulandari_Pembelajaran Tematik berbasis Karakter di MI Ma'arif NU Patikraja.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah berangkat dari pembelajaran berbasis karakter yang diterapkan dalam pembelajaran tematik di MI Ma’arif NU Patikraja. Dengan memasukan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik dan menerapkan pendidikan karater dalam setiap kegiatan pembelajaran di kelas dan lingkungan MI Ma’arif NU Patikraja. Pembelajaran tematik berbasis karakter merupakan pembelajaran yang mempadukan antara satu tema dengan satu tema yang lain dalam satu pembelajaran selanjutnya dalam kegiatan pembelajaran didalamnya terdapat internalisasi nilai-nilai karakter, yang mana karakter disini mempengaruhi kepribadian peserta didik. Pembahasan dalam penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditulis yaitu membahas mengenai perencanaan pembelajaran tematik berbasis karakter, pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis karakter, dan penilaian pembelajaran tematik berbasis karakter di MI Ma’arif NU Patikraja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pada pembelajaran tematik berbasis karakter di MI Ma’arif NU Patikraja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian fenomenologi dan menggunakan pendekatan kualitatif. Mengambil lokasi penelitian di MI Ma’arif NU Patikraja. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari kepala MI Ma’arif NU Patikraja, guru kelas III dan guru kelas V. Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk uji validasi data dengan triangulasi sumber data. Hasil yang diperoleh peneliti menyimpulkan bahwa guru dalam menerapkan pembelajaran tematik berbasis karakter di MI Ma’arif NU Patikraja sudah cukup baik. Dalam setiap tema yang disampaikan dalam pembelajaran tematik berbasis karakter di MI Ma’rif NU Patikraja sudah mewujudkan karakter baik pada peserta didik. Karakter yang dominan terlihat adalah jujur, disiplin dan bertaggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik berbasis Karakter, MI Ma’arif NU Patikraja
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hani Wulandari sdr
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:32
Last Modified: 16 Aug 2021 04:32
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item