PENGARUH PEMBIAYAAN MURĀBAHAH, MUḌHĀRABAH, DAN MUSYĀRAKAH TERHADAP PROFITABILITAS BANK VICTORIA SYARIAH PERIODE 2016-2019

Muhammad Abdul, Hakim (2021) PENGARUH PEMBIAYAAN MURĀBAHAH, MUḌHĀRABAH, DAN MUSYĀRAKAH TERHADAP PROFITABILITAS BANK VICTORIA SYARIAH PERIODE 2016-2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Muhammad Abdul Hakim_Pengaruh Pembiayaan Murābahah, Muḍhārabah, dan Musyārakah Terhadap Profitabilitas Bank Victoria Syariah Periode 2016-2019. docx. (1).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari suatu pemikiran yang menunjukkan bahwa keuntungan yang diperoleh bank bisa ditentukan dari berapa banyak pembiayaan yang disalurkan. Dengan harapan semakin banyak pembiayaan yang disalurkan maka semakin meningkat profitabilitas Bank Victoria Syariah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan murābahah, muḍhārabah, dan musyārakah terhadap profitabilitas Bank Victoria Syariah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisi pengaruh pembiayaan murābahah, muḍhārabah, dan musyārakah terhadap profitabilitas Bank Victoria Syariah periode 2016-2019 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Data yang digunakan adalah laporan keuangan triwulan Bank Victoria Syariah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji statistik dan dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji t pembiayaan murābahah mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,942 lebih besar dari 0,05. Yang berarti pembiayaan murābahah tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap ROA. Pada uji t pembiayaan muḍhārabah mempunyai nilai sebesar 0,285 lebih besar dari 0,05. Yang berarti pembiayaan muḍhārabah tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap ROA. Pada uji t pembiayaan musyārakah mempunyai nilai sebesar 0,903 lebih besar dari 0,05. Yang berarti pembiayaan musyārakah tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap ROA. Pada uji f nilai signifikansi sebesar 0,009. Hal ini menunjukkan nilai profitabilitas lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti variabel pembiayaan murābahah, muḍhārabah, dan musyārakah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel ROA. Pada analisis koefisien determinasi pembiayaan murābahah, muḍhārabah, dan musyārakah mempengaruhi tingkat profitabilitas Return On Assets (ROA) sebesar 50,7% dan sisanya 49,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Murābahah, Muḍhārabah, Musyārakah dan ROA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Murābahah, Muḍhārabah, Musyārakah dan ROA.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Abdul Hakim Firdaus sdr
Date Deposited: 05 Aug 2021 10:47
Last Modified: 05 Aug 2021 10:47
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10648

Actions (login required)

View Item View Item