MANAJEMEN PEMASARAN SANDAL BANDOL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA HOME INDUTRI SANDAL BANDOL “CIBAR” BANARAN BANYUMAS

CHOTIMATUL CHUSNA, 092323022 (2016) MANAJEMEN PEMASARAN SANDAL BANDOL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA HOME INDUTRI SANDAL BANDOL “CIBAR” BANARAN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
CHOTIMATUL CHUSNA_MANAJEMEN PEMASARAN SANDAL BANDOL .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan manajemen pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan Home Industri Sandal Bandol ditemukan beberapa faktor yang membantu meningkatkan volume penjualan, yaitu aspek produk (produk yang berkualitas), aspek harga (harga yang jauh lebih murah dibandingkan produk-produk lain di dalam negeri), promosi (promosi yang menarik sehingga membuat pelanggan tertarik untuk membeli), dan aspek distribusi (distribusi yang ditekankan agar barang yang dipesan bisa sampai dengan lancar dan aman). Pemasaran merupakan kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Menurut Teori Philip Kotler pemasaran juga dapat diartikan sebagai kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (search), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal konsumen (promotion), dan mendistribusikan produk ke tempat konsumen (place). Keempat variabel tersebut dikenal juga dengan istilah marketing mix, yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran dan semua itu ditujukan untuk memberikan kepuasan pada pangsa pasar atau konsumen yang dipilih. Salah satu indikator berhasil tidaknya suatu aktifitas pemasaran, dapat dilihat dari besar kecilnya volume penjualan yang dicapai perusahaan yang bersangkutan dalam suatu periode berikutnya. Umumnya bila volume penjualan yang diperoleh rendah maka keuntungannya akan rendah pula. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang saya lakukan, saya dapat menyimpulkan bahwa dari keempat aspek pemasaran yang menjadikan usaha Home Industry Sandal Bandol “Cibar” masih tetap bertahan dan sukses sampai saat ini yaitu dari aspek produk, harga, promosi, dan distribusi. Pada intinya, dengan memberikan kepercayaan dan keyakinan terhadap konsumen akan produk yang ditawarkan dan pelayanan yang maksimal sehingga konsumen merasa puas, maka tercapailah tujuan dari suatu usaha tersebut. Promosi juga merupakan salah satu jalan alternatif bagi perusahaan agar konsumen mengetahui barang yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Oleh karenanya promosi bisa digunakan sebagai media guna meningkatkan volume penjualan. Kata kunci: Manajemen Pemasaran, Home Industry, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:23
Last Modified: 08 Sep 2016 02:23
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item View Item