ANALISIS PERILAKU MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA YAYASAN YATIM MANDIRI PURWOKERTO)

Fitri, Monika (2021) ANALISIS PERILAKU MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA YAYASAN YATIM MANDIRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FITRI MONIKA_ANALISIS PERILAKU MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA YAYASAN YATIM MANDIRI PURWOKERTO).pdf

Download (719kB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu adanya pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia menyebabkan terbatasnya aktivitas disetiap sektor. Tak terkecuali pada sektor ekonomi. Hal ini menyebabkan terdapat perubahan yang terjadi pada muzakki dalam membayar zakat, termasuk muzakki di Yayasan Yatim Mandiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah observasi lapangan, wawancara dengan pihak Yayasan Yatim Mandiri Purwokerto & muzakki yang membayarkan zakatnya di Yayasan Yatim Mandiri Purwokerto dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama mengenai dampak pandemi Covid-19 mempengaruhi penghimpunan dan pendistribusian pada Yayasan Yatim Mandiri Purwokerto adapun strategi penghimpunan yang dilakukan terdiri dari sosialisasi secara online, mengadakan event online, jemput bola dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan kesepakatan bersama muzakki, menggunakan marketplace dan platform digital. Kedua, mengenai perilaku muzakki dalam membayar zakat di tengah pandemi yaitu terdiri dari cara menghitung pembayaran zakat secara teknik tidak mengalami perubahan namunpada besaran zakat yang dikeluarkan mengalami perubahan. Bentuk zakat yang dikeluarkan yakni zakat profesi dan zakat maal mengeluarkan dalam bentuk uang dan zakat fitrah masih dengan beras. Waktu pembayaran zakat yakni sebelum adanya pandemi membayar zakat pada awal bulan, setelah adanya pandemi berubah menjadi akhir bulan, stelah adanya pandemi menjadi akhir bulan. Media penyaluran zakat ditengah pandemi tetap memilih lembaga pengelola zakat. Jalur pembayaran zakat di tengah pandemi tetap pada lembaga zakat atas dasar kepercayaan. Kedua mengenai faktor yang mempengaruhi muzakki dalam membayarkan zakat di Yayasan Yatim Mandiri terdiri dari berdasarkan individu, berdasarkan lingkungan dan berdasarkan penerapan strategi pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Muzakki, Pandemi Covid-19, Zakat
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Fitri Monika sdr
Date Deposited: 05 Aug 2021 09:39
Last Modified: 05 Aug 2021 09:39
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10617

Actions (login required)

View Item View Item