METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 SUDIMARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Burhanudin Aji Nurmaula, 092335028 (2016) METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 SUDIMARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (850kB) | Preview
[img] Text
BURHANUDIN AJI NUR MAULA_METODE PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mata pelajaran matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika. Untuk itulah mata pelajaran matematika perlu diberikan sejak dini. Menerapkan metode pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman serta membuat siswa lebih aktif dalam sebuah pembelajaran yang menyenangkan menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam menyampaikan pelajaran matematika. Ibu Dariyah, selaku guru Matematika di MI Ma’arif NU 1 Sudimara telah melakukan hal tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran matematika, yaitu metode tanya jawab, diskusi, Drill atau Latihan dan penugasan,untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dalam usaha mencapai tujuan yang diharapkan. Sehingga peneliti ingin meneiti tentang bagaimana metode pembelajaran kelas V di MI Ma’arif NU 1 Sudimara tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan dalam memahami data deskripsi yang disajikan sehingga dapat memberikan pemahaman atas hasil penelitian. Hasildaripenelitianiniadalahpembelajaran matematika kelas lima di MI Ma’arif NU 1 Sudimara terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun metode yang digunakan dalampembelajaranadalah metode ceramah, metodetanya jawab,metode diskusi, metode drill, dan metode penugasan. Kata kunci: MetodePembelajaran, Matematika, MI Ma’arif NU 1 Sudimara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:07
Last Modified: 08 Sep 2016 02:07
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1060

Actions (login required)

View Item View Item