Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Qaryah Thayyibah Purwokerto

Yuliana Faza, Istianah (2021) Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Qaryah Thayyibah Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuliana Faza Iatianah_ Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar Qaryah Thayyibah Purwokerto.docx.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan rancangan pembelajaran dalam satu periode dalam jenjang pendidikan. Kurikulum menjadi suatu hal yang penting dalam dunia pendidikan, bahkan kurikulum dijadikan sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya kurikulum maka kegiatan pembelajaran akan terarah sesuai dengan tujuan yang diharapkan.Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya. Dalam merumuskan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus mempertimbangkan beberapa hal, yaitu perencanaan dalam menerapkan kurikulum 2013, pelaksanaan kurikulum 2013, dan evaluasi dalam menerapkan kurikulum 2013. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan program kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Qaryah Thayyibah Purwokerto, sedangkan dalam sekolah tersebut anatara peserta didik yang normal dengan peserta didik berkebutuhan khusus dijadikan satu dalam satu kelas. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas, guru pendamping siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik untuk menganalisis data adalah teknik analisis kualitatif yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Qaryah Thayyibah Purwokerto sudah berjalan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah dimana dalam kurikulum ini lebih menkankan pada pendekatan pembelajaran saintifik dengan tahapan 5M. Selama menerapkan kurikulum 2013 terjadi pengembangan yaitu kurikulum 2013 edisi revisi. Sekolah Dasar Qaryah Thayyibah Purwokerto mengikuti perkembangan kurikulum tersebut dan sampai sekarang kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2013 edisi revisi dengan lebih menekankan pada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, 4C dan HOTS. Dalam penerapannya mencakup tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksaksanaan, dan evaluasi. Selama adanya pandemi, kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Namun sampai saat ini, dalam penerapan kurikulum 2013 guru belum pernah melakukan pelatihan khusus, sehingga para guru belajar secara otodidak dan saling berkomunikasi dengan guru di sekolah lain. Untuk meningkatkat kemampuan siswa dalam membaca dan menghafal, di Sekolah Dasar Qaryah Thayyibah menerapkan program hafalan juz 30 dan beberapa hadits pilihan dengan target setelah siswa lulus dari sekolah ini siswa tersebut sudah menghafal keseluruhan surat yang terdapat dalam juz 30 dan beberapa hadits pilihan tersebut. Namun bagi siswa berkebutuhan khusus diberi keringanan dalam menyetorkan hafalan tersebut disesuaikan dengan kemampuan siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran PAI
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Yuliana Faza istianah
Date Deposited: 03 Aug 2021 10:41
Last Modified: 03 Aug 2021 10:41
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10574

Actions (login required)

View Item View Item