MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA PRODI KPI FAKULTAS DAKWAH UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI

Syarif, Hidayat (2021) MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA PRODI KPI FAKULTAS DAKWAH UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Syarif Hidayat_Motif Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Prodi KPI Fakultas Dakwah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam kemajuan teknologi komunikasi dan informasi muncul sebuah media daring untuk komunikasi yang disebut media sosial. Media sosial merupakan inovasi terbaru di bidang komunikasi dan informasi dengan memiliki kemampuan dan fungsi lebih praktis dan juga lebih berguna. Dengan penggunaan media sosial yang telah meluas, kebutuhan masyarakat akan berkomunikasi dan informasi dapat terpenuhi, mudah dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi dengan media sosial yang dapat diakses melalui smartphone. Media sosial tersebut antara lain facebook, twitter, instagram, whatsapp, tiktok, dan lain-lain. Mahasiswa prodi KPI angkatan 2019 Fakultas Dakwah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri juga salah satu pengguna media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media sosial mahasiswa prodi KPI angkatan 2019 dan motif penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa KPI angkatan 2019 menggunakan teori uses and gratifications. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematik, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan karakteristik populasi atau bidang tertentu dengan tepat. Penelitian ini menganalisis 4 mahasiswa yang telah memenuhi kriteria peneliti setelah mengisi kuesioner yang peneliti bagikan ke mahasiswa KPI angkatan 2019. Dimana keempat mahasiswa menjadi pengguna aktif media sosial untuk memenuhi kebutuhan yang mengandung motif teori use and gratifications. Hasil penelitian diketahui bahwa motif mahasiswa dalam menggunakan media sosial dipengaruhi oleh dua motif. Yakni motif diversi dan motif personal identitas. Mahasiswa merasa terhibur dengan menggunakan media sosial dengan melihat konten yang ada di media sosial dan ketika menggunakan media sosial mempunyai keinginan untuk menunjukan eksistensi dirinya di media sosial. Kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri memotivasi mereka untuk melakukan perubahan tingkah laku. Pemenuhan kebutuhan yang dicapai mahasiswa dalam menggunakan media sosial adalah pemenuhan kebutuhan komunikasi dan informasi yang ada di masyarakat. Pemenuhan kebutuhan informasi merupakan bagian dari motif kognitif yang juga termasuk didalamnya, meskipun media sosial tidak dapat dikatakan sebagai satu-satunya sumber informasi, mengingat masih banyak media lain seperti media televisi, media cetak, bahkan media siar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teori Use And Gratifications, Mahasiswa, Media Sosial, Teknologi, Motif, New Media
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Syarif Hidayat sdr
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:47
Last Modified: 02 Aug 2021 02:47
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10518

Actions (login required)

View Item View Item