Penanaman Nilai Karakter Religius dan Kejujuran pada Siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto Kabupaten Banyumas

Okti, Setianingsih (2021) Penanaman Nilai Karakter Religius dan Kejujuran pada Siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
OKTI SETIANINGSIH_PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN KEJUJURAN PADA SISWA SMK TUJUH LIMA 1 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menanamkan pendidikan karakter pada seseorang tidak dapat dilakukan hanya satu atau dua kali. Perlu dilakukan secara terus menerus sejak kecil hingga dewasa. Untuk mencapai keberhasilan dalam menanamkan pendidikan karakter perlu adanya kesinambungan antara pihak utama (keluarga, sekolah, dan masyrakat). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tujuan pelaksanaan penanaman pendidikan karakter religius dan kejujuran di SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto, (2) proses dalam menanamkan karakter religius dan kejujuran di SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto, serta (3) faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman nilai karakter religius dan kejujuran pada siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian yang diambil yaitu kepala sekolah, para guru baik wali kelas, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan guru Ketrampilan, pembina ekstakurikuler, serta siswa/siswi SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto. Menggunakan tiga metode penelitian, diantaranya; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Waktu penelitian yang dilaksanakan sejak tanggal 22 Juni s/d 20 Agustus 2020. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, diperoleh hasil diantaranya; (1) tujuan pengadaan penanaman nilai karakter religius dan kejujuran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki karakter baik sebagai bekal dalam dunia kerja. (2) Adapun proses penanaman nilai karakter religius dan kejujuran terlaksana pada kegiatan intra kurikuler (pembiasaan pagi, doa bersama, presensi dengan jumlah shalat, serta jujur pada pelajaran ketrampilan dan ujian), pada ekstrakurikuler (pelatihan hadroh, PHBI, shalat dzuhur berjamaah, dan zakat). (3) Faktor pendukung berasal dari sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan sifat atau karakter siswa yang berbeda-beda menjadikan. Sedangkan faktor yang menghambat dari diri siswa sendiri maupun dari lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman nilai, karakter religius, karakter kejujuran
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Okti Setianingsih
Date Deposited: 30 Jul 2021 03:57
Last Modified: 30 Jul 2021 03:57
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10490

Actions (login required)

View Item View Item