GAYA BAHASA CERAMAH MUMPUNI HANDAYAYEKTI DI AJANG AKSI ASIA 2017 ( ANALISIS SEMIOTIKA MODEL FERDINAN DE SAUSSURE DI CHANNEL YOUTUBE INDOSIAR)

Fitri, Yuliani Sa'adah (2021) GAYA BAHASA CERAMAH MUMPUNI HANDAYAYEKTI DI AJANG AKSI ASIA 2017 ( ANALISIS SEMIOTIKA MODEL FERDINAN DE SAUSSURE DI CHANNEL YOUTUBE INDOSIAR). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fitri Yuliani Sa'adah_GAYA BAHASA CERAMAH MUMPUNI HANDAYAYEKTI DI AJANG AKSI ASIA2017.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Indonesia dikenal dengan populasi umat muslim yang banyak, beragam jenis acara bernuansa dakwah dapat ditemukan, baik siraman rohani, reality maupun acara talkshownya, hal ini menunjukan bahwa selain menguntungkan , dakwah juga memudahkan bagi masyarakat muslim di Indonesia dalam menyebarluaskannya. Aksi Asia salah satunya, program acara realitas dalam pencarian bakat yang ditayangkan di Indonesia selama bulan Ramadhan. Acara ini merupakan kombinasi antara reality dan variety yang bertujuan mencari Ustadz dan Ustadzah berkarakter unik dalam menyampaikan dakwahnya. Selain untuk mencari bakat acara ini bertujuan untuk menghimpun persaudraan antar negara di wilayah Asia. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah salah satu peserta Aksi Asia 2017 yakni Mumpuni Handayayekti. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis semiotika model Ferdinan De Saussure, hal ini bertujuan untuk mengetahui gaya bahasa ceramah Mumpuni Handayayekti di ajang Aksi Asia pada media youtube , maka digunakan sistem tanda, penanda, petanda dan ekstra reality untuk menganalisisnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ; Pertama, ceramah Mumpuni Handayayekti di media youtube Indosiar tersebut telah memenuhi semiotika Ferdinan De Sassure yang terdiri dari tanda, penanda, petanda dan ekstra reality sehingga bisa dianalisis. Kedua gaya bahasa yang digunakan mengandung berbagai macam jenis gaya diantaranya; gaya bahasa berdasarkan pilihan kata dengan di dominasi gaya bahasa tak resmi dan percakapan, gaya bahasa berdasarkan nada di dominasi gaya sederhana dan mulia bertenaga,sedang gaya bahasa berdasarkarkan struktur dan kalimat di dominasi paralelisme, repetisi, dan antitesis. Ketiga bahwa dari analisis tersebut, ceramah yang dibawakan Mumpuni Handayayekti ini banyak menggunakan tema-tema umum keseharian sehingga tema yang dibawa pun berkaitan dengan realitas sosial yang ada pada masa kini, seperti bagaimana mempersaudarakan umat antar sesama, cara menjaga lisan, menjauhi sifat takabur, menghormati orang tua, tidak berputus asa, memahami kekuasaan Allah dan mempersiapkan bekal untuk di akhirat kelak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aksi Asia, Mumpuni Handayayekti, Gaya Bahasa
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
400 Language > 410 Linguistics
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri Fitri Yuliani Sa'adah
Date Deposited: 28 Jul 2021 06:02
Last Modified: 28 Jul 2021 06:02
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10455

Actions (login required)

View Item View Item