OPTIMALISASI PERAN MASJID AGUNG BAITUSSALAM PURWOKERTO DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL JAMA'AH

Anisa, Cahya Pangesti (2021) OPTIMALISASI PERAN MASJID AGUNG BAITUSSALAM PURWOKERTO DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL JAMA'AH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Anisa Cahya Pangesti_Optimalisasi Peran Masjid Agung Baitussalam Purwokerto Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Jama'ah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap manusia terlahir memiliki bekal kecerdasan spiritual dari Tuhan yang Maha Esa, sehingga tugas kita sekarang adalah meningkatkan bekal yang sudah diberikan tersebut. Ketika seseorang bisa mengelola hatinya dengan baik agar senantiasa dekat dengan Allah Swt maka orang tersebut bisa dikatakan memiliki kecerdasan spiritual yang baik. Seperti yang dijelaskan dalam jurnal Lutfiana Harnany Utama ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan spiritual diantaranya dekat dengan Allah Swt, memiliki semangat kesatuan dalam keberagaman, bertahan dalam kesulitan dan penderitaan, memiliki prinsip hidup dan sebagainya. Kecerdasan spiritual (SQ) merupakan inti kecerdasan kita, kecerdasan ini mambuat kita mampu menyadari siapa kita sesungguhnya. SQ memiliki potensi sehingga dapat mengembangkan diri kita secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang optimalisasi peran masjid Agung Baitussalam Purwokerto dalam meningkatkan kecerdasan spiritual jamaah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskripsi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini penulis menemukan optimalisasi peran masjid Agung Baitussalam Purwokerto dalam meningkatkan kecerdasan spiritual jamaah melaui dua kegiatan ibadah yaitu ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah. Ibadah mahdhah meliputi ibadah yang berhubungan langsung dengan Allah Swt, sedangkan ibadah ghairu mahdhah meliputi ibadah yang berhubungan dengan Allah dan lingkungan sekitarnya. Dalam mengoptimalkan peran masjid juga berpedoman kepada tiga fungsi utama masjid seperti fungsi idaroh, imaroh dan riayah. Faktor pendukung dalam melaksankan kegiatan keagamaan sebagai berikut: adanya motivasi dalam diri jamaah, adanya dukungan dari pengurus, pelayanan yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jamaah memiliki latar belakang yang berbeda dan lokasi masjid yang berada di tengah kota sehingga memiliki tingkat kebisingan yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, peran dan fungsi masjid, kecerdasan spiritual
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anisa Cahya Pangesti sdr
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:23
Last Modified: 28 Jul 2021 05:23
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10445

Actions (login required)

View Item View Item