NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM NOVEL 5 TITIK 1 KOMA TANPA JEDA TANPA BATAS KARYA MUHAMMAD KAMAL IHSAN

Lina Fatma, Nurfaizah (2021) NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM NOVEL 5 TITIK 1 KOMA TANPA JEDA TANPA BATAS KARYA MUHAMMAD KAMAL IHSAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lina Fatma Nurfaizah_Nilai-nilai Spiritual dalam Novel 5 Titik 1 Koma Tanpa Jeda Tanpa Batas Karya Muhammad Kamal Ihsan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nilai spiritual menjadi sebuah nilai yang sangat penting di zaman modern seperti sekarang. Karena di keadaan sekarang nilai spiritual diperlukan untuk membentengi diri, sehingga jiwa dan rohani tidak kosong serta hubungan dengan Sang Pencipta dan sesama manusia dapat tetap terjalin dengan baik. Nilai spiritual adalah sesuatu baik pikiran, tindakan dan cara bersikap yang terdapat di dalam kejiwaan atau rohani manusia itu sendiri. Pembelajaran mengenai nilai spiritual dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya melalui novel. Sebagaimana novel 5 Titik 1 Koma Tanpa Jeda Tanpa Batas karya Muhammad Kamal Ihsan ini yang mengandung nilai spiritual. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai spiritual apa sajakah dalam novel 5 Titik 1 Koma Tanpa Jeda Tanpa Batas karya Muhammad Kamal Ihsan dan relevansinya dengan kehidupan sekarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yakni dengan cara memahami isi dari novel, menganalisis dan mencatat tentang nilai-nilai spiritual yang terdapat dalam novel. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah novel berjudul 5 Titik 1 Koma Tanpa Jeda Tanpa Batas karya Muhammad Kamal Ihsan. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer berupa novel 5 Titik 1 Koma Tanpa Jeda Tanpa Batas karya Muhammad Kamal Ihsan, dan sekundernya yaitu buku, artikel jurnal dan internet yang terkait dengan nilai-nilai spiritual. Selanjutnya metode analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analys). Adapun hasil penelitian yang dilakukan, bahwa 1) Nilai-nilai spiritual dalam novel 5 Titik 1 Koma Tanpa Jeda Tanpa Batas karya Muhammad Kamal Ihsan meliputi nilai rasa syukur, kejujuran, kesabaran, cinta, rasa percaya, pengertian, kepedulian, kerjasama, keberanian, kesederhanaan, ketekunan, ikhlas, humor, ibadah, tanggung jawab dan estetika. 2) Adapun relevansi nilai spiritual dalam novel 5 Titik 1 Koma Tanpa Jeda Tanpa Batas karya Muhammad Kamal Ihsan dengan kehidupan sekarang adalah bahwa nilai spiritual dalam novel dapat dijadikan sebagai benteng untuk melindungi dari dampak negatif dunia modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Spiritual, Novel 5 Titik 1 Koma Tanpa Jeda Tanpa Batas, Muhammad Kamal Ihsan
Subjects: 200 Religion > 230 Christian theology > 235 Spiritual beings
800 Literature and rhetoric > 890 Literatures of other languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lina Fatma Nurfaizah sdr
Date Deposited: 27 Jul 2021 07:55
Last Modified: 27 Jul 2021 07:55
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10433

Actions (login required)

View Item View Item