IMPLEMENTASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN ONLINE BAGI MAHASISWA JURUSAN PAI IAIN PURWOKERTO

Afia, Rahmah (2021) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN ONLINE BAGI MAHASISWA JURUSAN PAI IAIN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFIA RAHMAH_IMPLEMENTASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

E-learning merupakan aplikasi internet yang dapat menghubungkan antara pendidik dan peserta didik dalam sebuah ruang belajar online. E-learning menciptakan suatu ruang belajar untuk mengatasi keterbatasan ruang, waktu, kondisi dan situasi sehingga lebih praktis dalam penggunaannya. Pembelajaran online dapat dilakukan ruang belajar apapun yang disediakan oleh google, salah satunya yaitu ruang belajar online google classroom. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana penggunaan google classroom pada pembelajaran online mahasiswa PAI IAIN Purwokerto. Jenis Penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskripsi kualitatif. Penelitian dilakukan dengan mengambil subjek penelitan Dosen Pendidikan Agama Islam dan mahasiswa PAI IAIN purwokerto. Objek penelitian adalah Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran mahasiswa jurusan PAI IAIN Purwokerto. Dengan Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data, penulis menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penggunaan google classroom pada pembelajaran online mahasiswa PAI IAIN Purwokerto yaitu : (1) dalam menganalisis proses perencanaan pembelajaran google classroom yang pertama dilakukan yaitu pembuatan RPS dan pembuatan grup kelas di google classroom. (2) dalam menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran dengan google classroom dengan cara menganalisis tentang bagaimana metode penugasan yang diberikan sehari-hari. (3) dalam menganalisis proses evaluasi, dilakukan dengan mengacu dua tahapan evaluasi yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses berupa keaktidan dan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan, sedangkan evaluasi hasil yaitu pengerjaan tugas mandiri, tugas kelompok, UTS dan UAS. (4) dalam melakukan analisis faktor pendukung dan penghambat dengan cara mencari informasi dari sumber-sumber yang bersangkutan yaitu dosen dan mahasiswa, yang mana faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan google classroom ini sangat bergantung pada sinyal dan kuota. Dari seluruh proses tahapan pembelajaran online dengan menggunakan google classroom tersebut dapat mencapai tujuan dan keberhasilan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan google classroom. Kata Kunci: E-learning, Google Classroom, Pembelajaran Mahasiswa PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-learning, Google Classroom, Pembelajaran Mahasiswa PAI.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Afia Rahmah
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:12
Last Modified: 27 Jul 2021 04:12
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10403

Actions (login required)

View Item View Item