MANAJEMEN STRATEGI PERUSAHAAN TRANSPORTASI DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PERUM DAMRI PURWOKERTO)

Dede, Prasetiyo (2021) MANAJEMEN STRATEGI PERUSAHAAN TRANSPORTASI DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PERUM DAMRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Sripsi_Dede Prasetiyo_ES_1717201012.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen Strategi merupakan seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi untuk mencapai tujuannya. Perum DAMRI Purwokerto merupakan perusahaan yang menggunakan konsep manajemen strategi. Berawal dari adanya pandemi Covid 19 yang mewabah di Indonesia pada bulan maret, mengharuskan pemerintah melakukan kebijakan untuk mengurangi penularan Covid 19, bentuk kebijakan tersebut berupa pembatasan sosial berskala besar, kebijakan work from home dan tentunya ketakutan masyarakat dalam beraktivitas berdampak pada penurunan mobilitas masyarakat dalam menggunakan layanan transportasi bus, hal itu menyebabkan penurunan omzet mencapai 90%,. Hingga pada akhirnya General Manager Perum DAMRI menyadari perlu adanya tindakan konkret untuk menstabilkan perusahaan dengan menggunakan manajemen strategi. Penerapan manajemen strategi juga membawa dampak pada peningkatan jumlah pengguna jasa yang ditandai dengan meningkatnya omzet pendapatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan manajemen strategi melalui tiga tahapan, diantaranya : perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi. Penerapan manajemen strategi pada Perum DAMRI Purwokerto sejalan dengan teori dan berdampak baik dalam meningkatkan pengguna layanan jasa angkutan bus DAMRI Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Perusahaan Transportasi, Perum DAMRI Purwokerto, Pandemi Covid 19.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.2 Manajemen Pabrik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Dede Prasetiyo
Date Deposited: 16 Jul 2021 12:06
Last Modified: 16 Jul 2021 12:06
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item