KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN BANYUMAS

ROQI, YASIN (2021) KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROQI YASIN_ KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang peneliti tertarik melakukan penelitian ini, yaitu; Pertama, Program PKH merupakan salah satu kebijakan untuk pengentasan kemiskinan, upaya meningkatkan standar hidup msayarakat miskin, dan perubahan perilaku masyarakat miskin. Kedua, Kemiskinan di Banyumas dalam tiga tahun terakhir mengalami penurunan secara signifikan. Didasarkan pada hal tersebut, maka pertanyaan besar dalam penelitian ini yaitu bagaimana Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Pengentasan Kemiskinan di Banyumas yang diturunkan ke dalam 3 pertanyaan mendasar yakni, Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mengentaskan kemiskinan, Kontribusi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mengentaskan kemiskinan ,Kondisi Kemiskinan di Kabupaten Banyumas dan Pandangan Secara Islam Dan Konvensional Tentang Kebijakan PKH. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendalami dan menganalisis Kebijakan PKH dalam Pengentasan Kemiskinan. Teori ini didasarkan pada Teori Karl Popper. dan Kementrian Sosial RI, Pedoman Umum Program Keluarga Harapan, dimana dapat dirumuskan beberapa poin yang merupakan poin mendasar dalam Kebijakan meliputi konsep, prinsip dan implementasi Kebijakan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi multikasus. Subjek utama penelitian ini adalah Kepala Bidang Kejahteraan Sosial, Penanganan fakir Miskin, (Dinsospermades) Kabupaten Banyumas dan Pelaksana Program PKH Kabupaten Banyumas meliputi Kordinator Pendamping PKH Kabupaten, Pendamping PKH Kecamatan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya, yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi PKH di kabupaten Banyumas dari Pendataan Calon KPM PKH sampai mendapat Bantuan PKH dan perjalanan menjadi KPM dan sampai Graduasi di Kabupaten Banyumas sesuai dengan Pedum PKH tahun 2020 dan PKH juga memberikan dampak positif pada kondisi masyarakat sekarang yaitu mewujudkan kemajuan dalam masyarakat terutama kemajuan kesehatan, pendidikan dan ekonomi masyarakat dengan adanya 3971 KPM Gradusi mandiri. Selama periode 2017-2019, jumlah dan persentase penduduk miskin di Banyumas menunjukkan tren penurunan. Namun pada tahun 2020, jumlah penduduk miskin di Banyumas mengalami peningkatan. Hal ini mungkin dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Pemerintah dapat menggandeng Lembaga zakat yang ada untuk mengentaskan kemiskinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Program, Keluarga, Harapan, Dinsospermades, Banyumas, Pendamping, Pengentasan, Kemiskinan, Miskin, Kesejahteraan, Falah, Zakat, Graduasi.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Roqi Yasin
Date Deposited: 16 Jul 2021 12:15
Last Modified: 16 Jul 2021 12:15
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10330

Actions (login required)

View Item View Item