KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF (TELAAH ATAS PEMIKIRAN IBNU RUSYD DALAM KITAB FASHL AL-MAQĀL FĪ MA BAYNA AL-HIKMAH WA AL-SYARĪ’AH MIN AL-ITTISHĀL)

Rima, Wijayanti (2021) KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF (TELAAH ATAS PEMIKIRAN IBNU RUSYD DALAM KITAB FASHL AL-MAQĀL FĪ MA BAYNA AL-HIKMAH WA AL-SYARĪ’AH MIN AL-ITTISHĀL). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIMA WIJAYANTI_KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF (TELAAH ATAS PEMIKIRAN IBNU RUSYD DALAM KITAB FASHL AL-MAQAL FI MA BAYNA AL-HIKMAH WA AL-SYARI'AH MIN AL-ITTISHAL).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adanya problem yang sangat serius dalam pendidikan Islam salah satunya yaitu problem dikotomi ilmu, di perlukan sebuah formulasi pendidikan yang harmonis. Untuk membentuk formulasi tersebut, di butuhkan sebuah solusi salah satunya yaitu dengan pendidikan holistik integratif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana konsep pendidikan holistik integratif menurut Ibnu Rusyd dalam kitab Fashl al-Maqāl Fī Ma Bayna al-Hikmah wa al-Syarī’ah Min al-Ittishāl?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsep pendidikan holistik integratif yang terdapat dalam kitab Fashl al-Maqāl Fī Ma Bayna al-Hikmah wa al-Syarī’ah Min al-Ittishāl karya Ibnu Rusyd. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan metode analisis isi. Dari hasil analisis di dapatkan bahwa konsep pendidikan holistik integratif dalam kitab Fashl al-Maqāl Fī Ma Bayna al-Hikmah wa al-Syarī’ah Min al-Ittishāl karya Ibnu Rusyd, yaitu : 1) Tujuan pendidikan holistik integratif yaitu pertama untuk pengembangan aspek intelektual, emosi, fisik dan rohani secara holistik, dan kedua untuk mengintegrasikan ilmu, 2) Pendidik holistik integratif harus memenuhi dua syarat yaitu pertama dapat mengintegrasikan hasil penelitian ilmuwan terdahulu dengan pendidikan holistik integratif, kedua dapat berpikir secara holistik dan integratif, 3) Peserta didik holistik integratif mempunyai dua kriteria yaitu pertama harus menerima ilmu dari pendidik holistik integratif, kedua harus dapat mengintegrasikan hasil belajar dengan kehidupan sehari-hari, 4) Materi pendidikan holistik integratif menggunakan materi terintegrasi, 5) Metode pendidikan holistik integratif terdapat dua metode yaitu pertama metode penelitian (nadhar), kedua metode demonstratif (burhaniyah), sedangkan media pendidikan holistik integratif menggunakan media penalaran rasional, sementara alat pendidikan holistik integratif menggunakan ajakan yang integratif, 6) Lingkungan pendidikan holistik integratif yaitu lingkungan masyarakat yang terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Holistik Integratif, Ibnu Rusyd, Fashl al-Maqal Fi Ma Bayna al-Hikmah wa al-Syari'ah Min al-Ittishal
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RIMA WIJAYANTI sdr
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:33
Last Modified: 15 Jul 2021 02:33
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10327

Actions (login required)

View Item View Item