KONSEP TAZKIYATUN NAFS DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-‘ALA AYAT 14-15 DAN SURAT ASY-SYAM AYAT 9-10 (STUDI KITAB LATHO>IFUL ISYARIKARYA IMAM AL-QUSYAIRI)

Muhtarom, Muhtarom (2021) KONSEP TAZKIYATUN NAFS DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-‘ALA AYAT 14-15 DAN SURAT ASY-SYAM AYAT 9-10 (STUDI KITAB LATHO>IFUL ISYARIKARYA IMAM AL-QUSYAIRI). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Muhtarom_Konsep tazkiatun nafs dalam alquran perspektif kitab lathoiful isyari karya imam al-Qusyairi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Abstrak_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Allah menciptakan manusia dengan bentuk yang paling sempurna. Manusia diciptakan dalam dua dimensi, yaitu dimensi badan dan dimensi ruh. Tiga tingkatan agama, yaitu Islam, Iman dan Ihsan seseorang itu sangat dipengaruhi oleh dimensi jiwa. Sarana kerohanian adalah sangat penting, jiwa tersebutlah yang berperan disebabkan jiwa merupakan keberadaan yang paling dalam dan terus-menerus butuh terhadap makanan spiritual sehingga berkembang dengan normal serta beridiri sendiri. Edukasi seseorang itu bisa mencapai sesuai dengan harapan ketika dia mengolah jiwanya, sehingga mencapai pada derajat keluhuran, kemuliaan dan kesucian. Dan seseorang jika ingin mencapai derajat-derajat tersebut haruslah melalui tazkiyatun nafs atau penyucian jiwa. Tazkiyatun Nafs yang dimaksud adalah sebagai sarana memberbaiki seseorang agar menjadi jiwanya bersih, sehingga manusia memiliki sifat-sifat yang terpuji. Sedangkan fungsi dari riset skripsi ini adalah agar memahami cara konsep penyucian jiwa yang terdapat dalam surat al-‘Ala ayat 14-15, dan surat asy-Syam ayat 9-10.Sedangkan jenis penelitian yang dipakai oleh penulis adalah telaah pustaka (library reseach) dan jenis datanya adalah data kualitatif. Adapun metode pengumpulkan datanya adalah dengan cara membaca dan mengkaji kitab Lathoiful Isyari dan mencari syarah yang menjelaskan tafisr tersebut, buku, dan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan materi pembahasan. Data primer dari penlitian ini adalah kitab Tafsir Lathoiful Isyari karya Imam al-Qusyairi. Kitab tafsir ini bercorak sufistik. Setalah mengkaji dengan kajian mendalam terhadap kitab Lathoiful Isyari, dapat diketahui bahwa di dalam QS. Al-‘Ala (87): 14-15 dan surat Asy-Syam (91): 14-15 bahwa sesungguhnya orang-orang yang mendapatkan keberuntungan itu adalah orangorang yang menyucikan diri mereka dari perbuatan-perbuatan yang tercela, seperti iri, dengki, sombong dan lain-lain. Cara tazkiyatun nafs adalah dengan mengingat kepada Tuhannya, juga dengan cara sholat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tazkiyatun Nafs, QS Al-‘Ala (87):14-15,QS Asy-Syam (91): 9-10 Tafsir sufi, Imam al Qusyairi
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.32 Tafsur Sunni (Tahlili, Bil Ma'tsur, Bir Ra'yi, Falsafi, Sufi)
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf > 2x5.22 Ajaran Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Muhtarom Muhtarom sdr
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:21
Last Modified: 15 Jul 2021 02:21
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10316

Actions (login required)

View Item View Item