PERAN MASJID TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN JAMAAH (STUDI PADA MASJID AL-HUDA DESA GUMIWANG KECAMATAN PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA)

Andi Putra, Pratama (2021) PERAN MASJID TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN JAMAAH (STUDI PADA MASJID AL-HUDA DESA GUMIWANG KECAMATAN PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANDI PUTRA PRATAMA_PERAN MASJID TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN JAMAAH (Studi Pada Masjid Al-Huda Desa Gumiwang Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masjid merupakan tempat yang multifungsi bagi umat Islam. Namun kebanyakan fungsi masjid hanya dijadikan ritual keagamaan semata, sehingga jauh dari harapan dan cita-cita sejarah didirikan masjid. Maka oleh karena itu perlunya dilakukan revitaslisasi terhadap peran atau fungsi masjid. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana mengembangkan dan mengelola masjid, sehingga masjid dapat berperan lebih banyak dalam mengatasi problem umat dan masyarakat serta memberikan gambaran umum tentang kemakmuran umat dan masyarakat. Penelitian ini merupkan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang mengambil latar Masjid Al-Huda Desa Guiwang Kecamatan Purwanegara kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini berusaha melihat secara mendalam dan memaparkan bagaimana saja revitalisasi fungsi masjid yang sudah dilaksanakan di Masjid Al-Huda Desa Gumiwang Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul kemudian dilakukan analisis data dengan tekhnik analisa kualitatif dengan model Miles dan Huberman, melalui langkah-langkah sebagai berikut: Pengumpulan data, Penyajian data, Reduksi data dan Penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa masjid Al-Huda memulai revitalisasi untuk meningkatkan kesejahteraan umat atau masyarakat dengan peran yang dilakukan masjid Al-Huda yaitu melalui Dewan Kemakmuran Masjid melakukan penghimpunan dana dan menyalurkan dana kepada dhuafa, di wilayah desa Gumiwang. Dana yang dihimpun akan diberikan kepada orang yang membutuhkan melalui program-program. Programnya adalah Santunan sembako, Bumbung sedekah, Gerakan subuh keliling, Kajian rutin ba’da subuh, Kajian tafsir al-quran ba’da maghrib, Bukber ramadhan, Taman Pendidikan al-quran, Bantuan pelayanan kesehatan, dan Kegiatan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Revitalisasi, Kemakmuran
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sdr Andi Putra Pratama
Date Deposited: 13 Jul 2021 13:18
Last Modified: 13 Jul 2021 13:18
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10303

Actions (login required)

View Item View Item