PERAN INSTITUSI LOKAL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA PENGGARIT KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG

Alfiah, Damayanti (2021) PERAN INSTITUSI LOKAL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA PENGGARIT KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Alfiah Damayanti_Peran Institusi Lokal Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Permasalahan kemiskinan di Indonesia masih begitu sering diidentikan dengan kehidupan masyarakat desa yang jauh dari sentuhan majunya teknologi. Namun seiring berkembangnya teknologi justru kehidupan di desa terus maju dan bahkan mampu menghasilkan perekonomiannya secara mandiri. Hal ini menjadi peringatan untuk pemerintah kita bahwa diperlukanya pemertaan pembangunan yang tidak hanya berfokus pada masyarakat kota saja melainkan juga masyarakat desa. Oleh karena itu perlunya sebuah institusi lokal dalam mewadahi masyarakat untuk mendapatkan kesejahteraanya sangat penting perananya bagi masyarakat desa khususnya. Institusi lokal sendiri yang memang dibentuk dari norma-norma dalam masyarakat hadir dalam berbagai bentuk. Dalam penelitian ini mengkaji institusi lokal yaitu Pokdarwis, Karang Taruna dan juga PKK. Penelitian ini dilakukan di Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri atas tiga tahapan yaitu: tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat lima peranan yang dimiliki oleh institusi lokal dalam melakukan sebuah pemberdayaan masyarakat di Desa penggarit. Peranan tersebut yaitu: peran dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat, peran dalam meningkatkan keterampilan masyarakat, peran sebagai pemberi layanan atau fasilitator masyarakat, peran sebagai sarana komunikasi masyarakat untuk menyampaikan tuntutanya kepada Pemerintah Desa Penggarit dan yang terakhir adalah peran sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam keterlibatanya membangun desanya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Institusi Lokal, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Alfiah Damayanti sdr
Date Deposited: 12 Jul 2021 08:21
Last Modified: 12 Jul 2021 08:21
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10298

Actions (login required)

View Item View Item