KESADARAN WAKIF MENSERTIFIKASI TANAH WAKAF DI DESA PADANGSARI KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP

Faiqotul, Ma'wah (2021) KESADARAN WAKIF MENSERTIFIKASI TANAH WAKAF DI DESA PADANGSARI KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
1. Skripsi Faiqotul Ma'wah - Kesadaran Wakif Mensertifikasi Tanah Wakaf Di Desa Padangsari Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap fix1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wakaf merupakan suatu hal yang sangat penting dalam Islam, seseorang yang melakukan wakaf secara ikhlas akan diberikan pahala yang tidak ada batasannya meskipun orang yang mewakafkan tersebut telah meninggal dunia. Dari sini sudah cukup jelas betapa istimewanya wakaf bagi umat Islam. Praktik perwakafan di Indonesia kini telah diatur oleh pemerintah seperti halnya pendaftaran tanah atau sertifikasi. Pendaftaran tanah memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan baik bagi orang yang melakukan wakaf maupun ahli waris atau lembaga yang menerima wakaf tersebut dan juga memberikan perlindungan bagi wakaf itu sendiri. Selain memberikan memberikan kepastian hukum yang tentu saja tidak dapat diganggu gugat, juga sebagai alat pembuktian yang kuat yang nantinya akan dijadikan sertifikat apabila sewaktu - waktu terjadi sengketa dengan hal tersebut masyarakat tidak perlu khawatir akan tanah wakaf tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata - kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Dengan begitu peneliti mencari tahu data - data tanah wakaf yang telah di sertifikasi dan yang belum disertifikasi yakni di Desa Padangsari Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap. Dengan tujuan mengetahui bagaimana masyarakat melakukan sertifikasi tanah wakaf dan alasan bagi mereka yang belum melakukan pendaftaran tanah wakaf. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan 1. Semakin banyaknya warga Desa Padangsari yang memiliki pendidikan tinggi sehingga terdorong perubahan pola pikir mereka untuk lebih kritis terhadap pentingnya sertifikat tanah wakaf. 2. Nadzir Desa Padangsari sangat mempengaruhi tersadarnya masyarakat setempat dalam pensertifikatan tanah wakaf karena telah dikenal dan aktif untuk berbaur dengan masyarakat. Sehingga informasi yang didapat akan mudah tersampaikan. 3. Pembebasan biaya sertifikasi diketahui dengan baik oleh masyarakat Desa Padangsari. 4. Terdapat contoh kasus yang telah terjadi pada desa sekitar yang menjadikan sebuah pembelajaran dan kewaspadaan bagi Desa Padangsari. Kata kunci : sertifikasi, wakaf, pendaftaran tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sertifikasi, wakaf, pendaftaran tanah.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata) > 346.04 Property
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Faiqotul Ma'wah
Date Deposited: 12 Jul 2021 07:07
Last Modified: 12 Jul 2021 07:07
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10289

Actions (login required)

View Item View Item