MANAJEMEN DAKWAH TAKMIR MASJID DALAM MERAWAT KERAGAMAN ORGANISASI MASYARAKAT ISLAM (STUDI KASUS MASJID AGUNG BAITUSSALAM PURWOKERTO JAWA TENGAH)

Muhammad Ilham, Mu'alimi (2021) MANAJEMEN DAKWAH TAKMIR MASJID DALAM MERAWAT KERAGAMAN ORGANISASI MASYARAKAT ISLAM (STUDI KASUS MASJID AGUNG BAITUSSALAM PURWOKERTO JAWA TENGAH). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab_I_Bab_V_Daftar_Pustaka.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Ilham Mu'alimi_Manajemen Dakwah Takmir Masjid Dalam Merawat Keragaman Organisasi Masyarakat Islam (Studi Kasus Masjid Agung Baitussalam Purwokerto Jawa Tengah).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyaknya ormas Islam yang ada di indonesia menimbulkan permasalahan yang tidak terpisahkan yakni kompetisi untuk menjaring umat sebanyak-banyaknya sebagai bentuk identitas diri dan eksistensi dari suatu ormas. Karena hal itu maka yang timbul adalah ketidakharomonisan umat islam sehingga dalam perjalanannya sering terjadi benturan-benturan yang tidak sepaham baik secara akidah, politik, fikih dan pernak-pernik ibadah lainnya. Untuk itu di butuhkan suatu cara atau sistem yang mampu untuk mengelola persepsi atau pandangan positif antar ormas Islam sehingga terjalin keharmonisan di dalam melaksanakan aktivitas dakwah. Penelitian ini bermaksud mengetahui manajemen dakwah yang di lakukan oleh takmir Masjid Baitussalam Purwokerto Jawa tengah kepada ormas Islam yang salah satunya memberikan wadah untuk para ormas Islam untuk melakukan dakwahnya tanpa ada sekat-sekat antar ormas Islam. Data-data yang terdapat dalam penelitian ini bersifat data kualitatif baik yang sifatnya data primer ataupun data sekunder. Data-data di peroleh melalui beberapa teknik pengumpulan data yakni, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Pengelolaan Dakwah Takmir Masjid Agung Baitussalam dalam merawat keragaman Organisasi masyarakat Islam sudah baik. Berdasarkan indikator telah memenuhi Proses Manajemen Dakwah yakni Fungsi manajemen dakwah yakni takthtith (Perencanaan dakwah), thanzim (pengorganisasian dakwah), tawjih (penggerakan dakwah) dan riqobah (Pengendalian dan evaluasi dakwah) yang baik. Selain itu juga menerapkan Prinsip-prinsip manajemen dakwah, yakni Konsolidasi, koordinasi, Tajdid, Ijtihad, Pendanaan dan Kaderisasi, komunikasi, penelitian, pengembangan, tabsir, Taysir, intergral, Komperhensif, sabar dan Istiqomah. Di samping itu karena telah memenuhi prinsip dan fungsi manajemen dakwah maka Faktor Pendukung Manajemen Dakwah Takmir Masjid Agung Baitussalam dalam Merawat keragaman Organisasi Masyarakat Islam yakni, Lokasi Strategis, Masjid tidak berada dalam kendali ormas, kepentingan jamaah tujuan utama, independensi serta Manajemen yang baik dan Faktor Penghambat Manajemen Dakwah Takmir Masjid Agung Baitussalam dalam Merawat keragaman Organisasi Masyarakat Islam yakni adanya acara di alun-alun, sound kurang jelas dan Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Dakwah, Ormas Islam, Dakwah Takmir Masjid
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
2x8 Aliran dan Sekte > 2x8.1 Ahlussunnah Wal jamaah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sdr Muhammad Ilham Mualimi
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:15
Last Modified: 27 Jul 2021 04:15
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item