PENDIDIKAN LIFE SKILL BAGI SANTRI DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO

DEWI AYU, SUNDARI (2021) PENDIDIKAN LIFE SKILL BAGI SANTRI DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. SAIFUDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
DEWI AYU SUNDARI_PENDIDIKAN LIFE SKILL BAGI SANTRI DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pendidikan life skill yang diberikan pada santri Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menganalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan life skill bagi santri yang dilakukan di Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto yaitu 1) pendidikan personal skill pada indikator kemampuan memanfaatkan sumber daya diupayakan dengan pelatihan perkebunan, perikanan, dan peternakan; dan untuk melatih rasa tanggung jawab atas diri sendiri dilakukan dengan menjaga barang pribadi dan mematuhi aturan 2) pendidikan social skill pada indikator kemampuan berkomunikasi dibuktikan dengan adanya komunikasi yang baik antarsantri dan santri dengan masyarakat; menerima perbedaan; kepemimpinan; dan kemampuan bekerja sama dilatih melalui bekerja dalam tim dan roan 3) pendidikan academic skill memiliki indikator yaitu kemampuan memilih gaya hidup sehat dan pengetahuan yang diupayakan dengan adanya kajian keagamaan, kajian umum dan rihlah ilmiah 4) pendidikan vocational skill pada indikator menguasai bidang tertentu dilatih dengan adanya OSMA (Organisasi Santri Mahasiswa) dan badan usaha; rasa bertanggung jawab; dan kemampuan bekerja sama dilatih melalui kerja sama pengurus pesantren, komplek, OSMA dan kerja sama tim dalam membuat suatu kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan life skill bagi santri, pendidikan personal skill, pendidikan social skill, pendidikan academic skill, dan pendidikan vocational skill.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Dewi Ayu Sundari
Date Deposited: 08 Jul 2021 07:47
Last Modified: 08 Jul 2021 07:47
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10270

Actions (login required)

View Item View Item