PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DENGAN METODE YANBU'A DI MADRASAH DINIYYAH ATHOHIRIYYAH AL-KUTUB PEKAJA KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS

Nur, Avitasari (2021) PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DENGAN METODE YANBU'A DI MADRASAH DINIYYAH ATHOHIRIYYAH AL-KUTUB PEKAJA KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NUR AVITASARI_PEMBELAJARAN AL-QUR'AN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan seseorang diarahkan dan dibimbing agar dapat menghadapi kehidupan ini dengan sebaik-baiknya. Salah satunya yaitu dengan pembelajaran Al-Qur’an. Dengan adanya pembelajaran Al-Qur’an, diharapkan dapat mengurangi buta huruf Al-Qur’an pada seseorang. Dan dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an secara baik dan mampu mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran al-qur’an dengan metode yanbu’a di Madrasah Diniyyah Athohiriyyah Al-Kutub Pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif , serta pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Subjek penelitian dalam skripsi ini adalah kepala Madrasah Diniyyah, ustadz-ustadzah, dan santri-santriwati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Humberman yaitu mulai dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran al-qur’an dengan metode Yanbu’a di Madrasah Diniyyah Athohiriyyah Al-Kutub Pekaja dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan meliputi mempersiapkan dan mengkondisikan santri kemudian dilanjutkan dengan membaca do’a bersama-sama dan membaca asmaul husna dilanjutkan hafalan juz ‘amma. Pada kegiatan inti meliputi menulis, setoran membaca dan hafalan surat pendek. Kegiatan akhir pembelajarannya yaitu ustadz/ ustadzah dan santri membaca do’a penutup secara bersama-sama. Sedangkan, dalam pelaksanaannya menggunakan media pembelajaran berupa buku iqra, al-qur’an, buku penunjang pembelajaran dan buku tulis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur'an, Metode Yanbu'a
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Avitasari sdri
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:17
Last Modified: 25 Jun 2021 02:17
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10227

Actions (login required)

View Item View Item