RESILIENSI MAHASISWA DIFABEL (Studi Kasus Pada Mahasiswa Tuna Daksa Institut Agama Islam Negeri Purwokerto dan Mahasiswa Tuna Rungu Institut Teknologi Telkom Purwokerto)

Tika, Cahyati (2021) RESILIENSI MAHASISWA DIFABEL (Studi Kasus Pada Mahasiswa Tuna Daksa Institut Agama Islam Negeri Purwokerto dan Mahasiswa Tuna Rungu Institut Teknologi Telkom Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TIKA CAHYATI_RESILIENSI MAHASISWA DIFABEL (Studi Kasus Pada Mahasiswa Tuna Daksa Institut Agama Islam Negeri Purwokerto Dan Mahasiswa Tuna Rungu Institut Teknologi Telkom Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Resiliensi mahasiswa difabel merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seorang mahasiswa dengan keterbatasan fisik untuk dapat bangkit dari keterpurukan akibat pengalaman traumatis dimasa lalunya yaitu cacat fisik pada tubuhnya. Menjadi seorang mahasiswa dengan keterbatasan fisik yang tidak sempurna (difabel) sungguh tidaklah mudah karena dapat diketahui betapa menderita dan rentannya ketiga subjek tersebut mengalami stress dan depresi apabila mereka tidak mampu mengelola emosi karena berbagai tugas dan tuntutan yang ada serta kemampuannya dalam menyeimbangkan dan menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa tanpa melihat kekurangan pada segi fisiknya. Oleh karena itu dibutuhkan adanya resiliensi yang memilki peran dan fungsi sebagai pendorong individu untuk dapat memilki kemampuan dalam mengatasi,melalui, dan kembali pada kondisi semula setelah mengalami kesulitan. Dalam penelitian ini bertujuan mengetahui mahasiswa difabel dalam mengoptimalkan kemampuan yang ada pada dirinya sehingga terbentuklah resiliensi yang merujuk kepada kemampuan individu untuk bisa bertahan, bangkit, dan menyesuaikan diri dengan kondisi yang sulit. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini dengan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu subjek HN, DK, dan BL. Hasil yang diperoleh adalah ketiga subjek dalam penelitian ini melakukan resiliensi yang meliputi aspek-aspek resiliensi seperti aspek regulasi emosi, aspek pengendalian impuls, aspek optimisme, aspek empati, aspek analisis penyebab masalah, aspek efikasi diri, dan aspek reaching out.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: resiliensi, mahasiswa, difabel.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 156 Comparative psychology
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.387 Kesehatan dan Keamanan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sdri Tika Cahyati
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:27
Last Modified: 21 Jun 2021 04:27
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10215

Actions (login required)

View Item View Item