MANAJEMEN KESISWAAN BIDANG EKSTRAKURIKULER DI SMK AL HUDA BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Nur, Rokhmah (2021) MANAJEMEN KESISWAAN BIDANG EKSTRAKURIKULER DI SMK AL HUDA BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Pengarang_Judul.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ADALAH KEGIATAN PENDIDIKAN DI LUAR JAM SEKOLAH YANG DITUJUKAN UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI YANG DIMILIKI SESUAI DENGAN KEBUTUHAN, KETERTARIKAN, BAKAT, DAN MINATNYA. KEGIATAN EKSTRAKURIKULER INI MEMPUNYAI PERAN YANG STRATEGIS UNTUK KELANJUTAN PENDIDIKAN SISWA. NAMUN KENYATAANNYA BANYAK SEKOLAH/MADRASAH YANG BELUM SEPENUHNYA MENYADARI AKAN HAL TERSEBUT DAN JIKA DILAKUKAN PELAKSANAANNYA TIDAK DIMANAJ DENGAN BENAR. TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENDESKRIPSIKAN DAN MENGANALISIS MANAJEMEN KESISWAAN BIDANG EKSTRAKURIKULER DI SMK AL HUDA BUMIAYU BREBES. METODE YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI ADALAH TEKNIK PENGUMPULAN DATA KUALITATIF DENGAN MENGGUNAKAN OBSERVASI, WAWANCARA, DOKUMENTASI DAN TRIANGULASI. ANALISIS DATA DILAKUKAN DENGAN CARA MENGKOLEKSI DATA, MENSORTIR DATA, MENYAJIKAN DATA DAN MENARIK KESIMPULAN. HASIL PENELITIAN INI MENUNJUKKAN BAHWA (1) PROSES PERENCANAAN DIAWALI DENGAN RAPAT DIAWAL TAHUN PELAJARAN YANG MELIBATKAN STAKEHOULDERS LEMBAGA, UNTUK MENETAPKAN JENIS EKSTRAKURIKULER, SARANA PRASARANA DAN ANGGARAN. (2) PROSES PENGORGANISASIAN DENGAN MEMBAGI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PADA MEREKA YANG KOMPETEN DIBIDANGNYA DENGAN DIBANTU KEPENGURUSAN DITIAP EKSTRAKURIKULER. (3) PROSES AKTUATING ADANYA PERAN DARI KEPALA SEKOLAH/WAKIL KEPALA KESISWAAN DALAM MEMBERIKAN PENGARAHAN, MOTIVASI DAN PEMBINAAN UNTUK MENGGERAKKAN TERLAKSANANYA PROGRAM ESKTRAKURIKULER MELIPUTI LATIHAN RUTIN, BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN SOSIAL, MENGIKUTI LOMBA DI LUAR LEMBAGA MAUPUN DIDALAM LEMBAGA. (4) PROSES PENGAWASAN DAN EVALUASI MENGACU PADA DAFTAR HADIR PEMBINA, DAFTAR HADIR PESERTA DIDIK, KOORDINASI ANTARA PEMBINA DAN PENGURUS, LAPORAN KEGIATAN, PRESTASI YANG DIRAIH, HASIL KARYA PESERTA DIDIK DAN PENILAIAN PESERTA DIDIK. (5) FAKTOR PENDUKUNG, ADANYA KOMUNIKASI YANG BAIK ANTARA PEMBINA DAN PESERTA DIDIK, ADANYA DUKUNGAN DARI ORANG TUA SISWA (6) FAKTOR PENGHAMBAT, KEGIATAN PKL SISWA, KURANG AKTIFNYA PENGURUS EKSTRAKURIKULER, RENDAHNYA MINAT PESERTA DIDIK.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN, KESISWAAN, EKSTRAKURIKULER.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: NUR ROKHMAH sdri
Date Deposited: 14 Jun 2021 01:51
Last Modified: 14 Jun 2021 01:51
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item