STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KERUPUK KULIT IKAN NILA PADA UMKM KRULILA DESA GUNUNGJAYA KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG

Vina, Silfiana (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KERUPUK KULIT IKAN NILA PADA UMKM KRULILA DESA GUNUNGJAYA KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
VINA SILFIANA- STRATEGI PEMASARAN .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UMKM Krulila merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang industri pangan yang memproduksi sebuah kerupuk kulit dengan bahan dasar kulit ikan Nila yang didirikan oleh ibu Titik Wahyuni sejak 19 Maret 2015. UMKM Krulila merupakan satu-satunya UMKM yang ada di kabupaten Pemalang yang memproduksi kerupuk dari kulit ikan Nila. Produk dari Krulila sudah tersertifikasi Halal dari MUI dan sudah mendapat ijin P-IRT dari dinas kesehatan. UMKM Krulila telah menerapkan komponen 4P Bauran pemasaran (product) produk, (place) tempat, (price) harga, dan (promotion) promosi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan di UMKM Krulila Desa Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Penulis menggunakan teknik analisis data yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode membercheck dan triangulasi. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran pada UMKM Krulila dengan menerapkan komponen-komponen 4P bauran pemasaran (Marketing Mix) dalam meningkatkan volume penjualan dengan hasil tiap tahun meningkat terkecuali pada tahun 2020 penjualan mengalami penurunan akibat terdampak pandemi covid-19. Akan tetapi, meskipun volume penjualan turun UMKM Krulila tetap mendapatkan laba untuk keberlangsungan usahanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Volume Penjualan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: vina silfiana sdr
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:46
Last Modified: 10 Jun 2021 07:46
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10165

Actions (login required)

View Item View Item