PENGEMBANGAN TAHFIDZUL QUR’AN BAGI USTADZ DAN USTADZAH DI LAJNAH PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN (LPP) AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO

USWATUN KHASANAH, NIM. 1223308051 (2016) PENGEMBANGAN TAHFIDZUL QUR’AN BAGI USTADZ DAN USTADZAH DI LAJNAH PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN (LPP) AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Tahfidzul Qur‟an atau menghafal Al-Qur‟an Al-Karim adalah sebuah mukjizat besar. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hijr: 9, “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur‟an, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” Sarana penjagaan yang paling agung dan efektif terhadap Al-Qur‟an ialah dengan dihafalkannya Al-Qur‟an. Menghafal Al-Qur‟an merupakan tugas dan tanggung jawab yang agung dan sangat besar. Karena itu, diperlukan perangkat yang agung pula. Menghafal Al-Qur‟an merupakan tujuan yang sangat mulia. Sehingga, dalam merealisasikannya perlu meluangkan waktu dan masa yang mencukupi. Guru merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam pencapaian keberhasilan pembelajaran di sekolah. Di tangan gurulah segala perubahan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik diharapkan. Untuk mendukung keberhasilan guru dalam mendidik, maka ia harus mampu melaksanakan inspiring teaching, yaitu guru yang melalui kegiatan mengajarnya mampu mengilhami murid-muridnya. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan kejelasan tentang proses dari kegiatan pengembangan Tahfidzul Qur‟an bagi guru di Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dari kegiatan pengembangan Tahfidzul Qur‟an bagi guru di LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian bahwa kegiatan tahfidzul Qur‟an bagi ustadz dan ustdzah dilakukan pada kegiatan halaqah guru, bina diniyah, i‟tikaf dan mabit, perlombaan dan secara individu. Dari kegiatan tersebut guru mendapatkan fasilitas yang mendukung sehingga dapat mencapai target hafalan yang diharapkan. Adapun metode dalam kegiatan menghafalkan Al-Qur‟an yaitu dengan metode tahfidz, tallaqi/muroja‟ah, dan takrir/mudarasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tahfidzul Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 06 Sep 2016 01:52
Last Modified: 06 Sep 2016 01:52
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1016

Actions (login required)

View Item View Item