KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 1 BUNGKANEL KABUPATEN PURBALINGGA

Nila, Felasofia Salsabila (2021) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 1 BUNGKANEL KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nila Felasofia S_Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri 1 Bungkanel Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan guru dalam pengelolaan kelas merupakan salah satu poin penting dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Hal tersebut dianggap penting karena dapat berpengaruh dalam kelancaran proses pembelajaran. Seperti halnya guru kelas IV di SD Negeri 1 Bungkanel Kabupaten Purbalingga, pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru pada saat pembelajaran tematik dilakukan dengan lancar dan menyenangkan. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti keterampilan pengelolaan kelas yang dilakukan guru saat pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Bungkanel Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru dalam melakukan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri 1 Bungkanel Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif berupa penelitian dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ialah peneliti menemukan beberapa cara guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri 1 Bungkanel Kabupaten Purbalingga diantaranya: (1) Menunjukkan sikap tanggung jawab, diaktualisasikan melalui penegakan disiplin kelas; (2) Mendekati dan memberikan pernyataan, hal ini dilakukan dengan berkeliling mengecekm pekerjaan siswa dan merespon pertanyaan siswa; (3) Reaktif terhadap gangguan dikelas, penerapannya ialah dengan memberikan teguran dan ice breaking (tindakan preventif) serta berdiri di depan kelas atau mengerjakan tugas di perpustakaan (tindakan refrensif) memberi bintang sebagai reward; (4) Membagi perhatian secara visual, menjelaskan materi yang pertama kemudian melanjutkan kemateri kedua tanpa kehilangan fokus terhadap materi sebelumnya; (5) Memusatkan perhatian kelompok dengan cara menyiapkan siswa mengikuti pembelajaran, penerapannya melalui penataan ruang kelas (rooling tempat duduk; duduk berkelompok; peletakkan gambar edukatif; mengatur tata letak papan tulis), pengondisian kelas (pembiasaan, apersepsi, motivasi) serta penyesuaian media dan metode ajar;(6) Memberikan petunjuk yang jelas, dengan cara menyampaikan materi dan instruksi dengan jelas; (7) Memberikan teguran secara bijaksana dengan menyebut nama siswa yang bersangkutan dan (8) Memberikan penguatan ketika diperlukan lewat pemberian pujian, tepuk tangan dan acungan jempol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Tematik, SD Negeri 1 Bungkanel Kabupaten Purbalingga
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Nila Felasofia Salsabila
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:58
Last Modified: 02 Jun 2021 02:58
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item View Item