MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING KARIER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TEGAL

Tol'ah Aeni, Firdiasih (2021) MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING KARIER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TEGAL. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tol'ah Aeni Firdiasih_Manajemen Bimbingan dan Konseling Karier di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tegal.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan tidak hanya diterjemahkan sebagai proses transfer ilmu pengetahuan saja, melainkan mempersiapkan peserta didik menghadapi kehidupan sesungguhnya sesuai dengan perkembangan zaman. Siswa Aliyah berada pada rentang usia remaja, yang memiliki karakteristik mulai memikirkan karier masa depan. Salah satu bentuk bimbingan pada aspek karier bagi usia remaja dapat dilakukan melalui bimbingan dan konseling karier. Oleh karenanya dibutuhkan manajemen yang baik agar berjalan secara efektif dan efisien. Manajemen bimbingan dan koseling karier mencakup aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi, karena bermaksud menggambarkan secara rinci mengenai fenomena manajamen bimbingan dan konseling karier di MAN 1 Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian kepala madarsah, wakil kepala madrasah, guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran, wali kelas dan bagian tata usaha. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas data reduction dengan cara mengeliminir data yang tidak berhubungan dengan penelitian, data display yaitu menyajikan data dalam bentuk narasi, tabel atau bagan, serta conclusion drawing/ verification dengan membuat simpulan data hasil penelitian. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Perencanaan bimbingan dan konseling karier di MAN 1 Tegal sudah berjalan baik, dengan tahapan perencanaan yang terdiri atas persiapan, penyusunan program, urgensi penyusunan program dan langkah-langkah perencanaan program bimbingan dan konseling karier. Pengorganisasian bimbingan dan konseling karier juga sudah dilaksanakan dengan baik melalui langkah departementasi (pembagian tugas atau pekerjaan) dengan job description pada masing-masing bagian sesuai dengan kompetensi dan kewenangannya. Selain itu pelaksanaan bimbingan dan konseling karier di MAN 1 Tegal secara umum sudah berjalan dengan baik sejak siswa kelas X hingga kelas XII, dengan format layanan individu, kelompok, klasikal, dan khusus. Dan pengawasan juga sudah berjalan baik menggunakan pendekatan CIPP (context, input, process, dan product).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Bimbingan dan Konseling Karier, Manajemen Bimbingan dan Konseling Karier
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tol'ah Aini Firdiasih sdri
Date Deposited: 27 May 2021 06:32
Last Modified: 27 May 2021 06:32
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10114

Actions (login required)

View Item View Item