MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PROFESIONALISME PENGAWAS PAI SD PADA POKJAWAS KABUPATEN CILACAP

ANISATUL, UMNIYAH and UNSPECIFIED (2021) MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PROFESIONALISME PENGAWAS PAI SD PADA POKJAWAS KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, Pascasarjana IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis_Anisatul Umniyah_181765023_MPI.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/

Abstract

Profesi pengawas PAI di sekolah menempati posisi strategis dalam lingkup pendidikan. Tugas sebagai pengawas tidaklah ringan, untuk itu profesi pengawas selayaknya diemban oleh orang-orang yang berkompeten dan professional. Tujuan penelitian dalam penelitian ini untuk mendapatkan: (1).perencanaan program penguatan profesionalisme pengawas PAI SD pada Pokjawas di kabupaten Cilacap; (2). pengorganisasian program penguatan profesionalisme pengawas PAI SD pada Pokjawas di kabupaten Cilacap; (3). pelaksanaan program penguatan profesionalisme pengawas PAI SD pada Pokjawas di kabupaten Cilacap; (4). pengawasan program penguatan profesionalisme pengawas PAI SD pada Pokjawas di kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Sedangkan pendekatan yang dipergunakan berupa studi kasus. Subyek penelitian ini adalah kepala Kemenag, Pengurus Pokjawas dan pengawas PAI SD. Pemilihan narasumber dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan beberapa cara yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan 4 kreteria yaitu kredibilitas, transferabilitias, dependabilitas dan konfirmabilitas. Analisis data menggunakan model analisis interaktif terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian: (1). Perencanaan program dilakukan dengan cara : a). penyusunan program peningkatan kualitas layanan supervisi akademik dan manajerial; b). perencanaan pengembangan diri pengawas; c). perencanaan peningkatan ketrampilan individual melalui workshop, seminar, diklat dan lainnya; d). perencanaan peningkatan pelatihan komputer dan TIK; (2) Pengorganisasian program dilakukan dengan cara: a). pengelompokan program berdasarkan kebutuhan dan prioritas; b). penjadwalan kegiatan; c). pembuatan keputusan program oleh pengurus Pokjawas; d). pembentukan koordinator pengawas SD, SMP, SMA/SMK; (3).Pelaksanaan program dilakukan dengan cara : a). kerjasama sesama pengawas untuk meningkatkan kualitas SDM; b) peningkatan kualitas pengawas dengan pelatihan materi khusus; c) pelaporan prestasi kerja; d). kerjasama dengan dinas ataupun instansi; (4). Pengawasan program penguatan dilakukan dengan cara: a) Pokjawas meminta pertanggungjawaban hasil kerja anggota dan memberikan masukan atas pelaksanaan program pelatihan dan lainnya; b) program disusun oleh pengawas diketahui dan disahkan oleh Ketua Pokjawas dan Kepala Kemenag Kabupaten Cilacap; c). Laporan Bulanan, semesteran dan tahunan pengawas yang ditanda tangani oleh ketua Pokjawas; d). Pokjawas meminta laporan hasil bimtek, workshop dan hasil tugas sehari-hari pengawas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program, Penguatan Profesionalisme, Pengawas PAI SD
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anisatul Umniyah sdr
Date Deposited: 08 May 2021 07:45
Last Modified: 08 May 2021 07:45
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item