STUDI KOMPARASI PENDAPAT MAZHAB HANAFI DAN MAZHAB SYAFI'I TENTANG USIA HAID DAN MENOPAUSE BAGI PEREMPUAN

ESTI, LAELI FATIKHAH (2021) STUDI KOMPARASI PENDAPAT MAZHAB HANAFI DAN MAZHAB SYAFI'I TENTANG USIA HAID DAN MENOPAUSE BAGI PEREMPUAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ESTI LAELI FATIKHAH_STUDI KOMPARASI PENDAPAT MAZHAB HANAFI DAN MAZHAB SYAFI'I TENTANG USIA HAID DAN MENOPAUSE BAGI PEREMPUAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Haid secara bahasa yaitu sesuatu yang mengalir. Adapun haid secara syara’ adalah darah yang keluar dari rahim perempuan dalam keadaan sehat dan tidak karena melahirkan atau sakit pada waktu tertentu. Haid mempunyai dampak yang membolehkan seorang perempuan meninggalkan ibadah dan menjadi patokan selesainya ‘iddah bagi perempuan yang dicerai. Kemudian menopause adalah peristiwa biologis yang terkait berhentinya reproduksi wanita sebagai konsekuensi dari proses penuaan fisiologis, jadi menopause menandai akhir masa reproduksi seorang wanita. Para ulama disini berbeda pendapat mengenai batasan usia haid dan menopause. Masalah batasan usia ini merupakan fenomena yang menarik untuk dikaji khususnya pendapat Mazhab Hanafi dan Mazhab Syafi’i serta penguatan dari sisi ilmu kesehatan (dunia medis) yang dalam hal ini sebagai tema skripsi penulis. Hal tersebut memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyikapi batasan usia haid dan menopause dalam mencari persamaan dan perbedaan antara pendapat tokoh serta mencari relevansinya dengan kondisi masyarakat saat ini. Penelitian yang penulis lakukan termasuk jenis penelitian pustaka (library research) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi yang bersumber dari data-data kepustakaan seperti buku, kitab dan artikel. Disini penulis membahas pemikiran dua tokoh fikih yang berbeda serta penguatan dari sisi ilmu kesehatan (dunia medis). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Kemudian metode analisis data yaitu conten analysis atau analisis isi, kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode komparatif. Mazhab Hanafi berpendapat bahwa perempuan haid pertama kali usia 9 tahun, dan menopause usia 55 tahun. Jika selepas umur itu seorang perempuan masih melihat darah yang kuat, hitam atau merah pekat, maka itu dianggap haid. Menurut Mazhab Syafi’i berpendapat bahwa perempuan haid pertama kali usia 9 tahun, dan tidak ada batasan menopause, tetapi biasanya sampai usia 62 tahun. Sedangkan dalam dunia medis perempuan pertama kali haid usia 9 tahun, dan menopause usia 50-55 tahun. Sehingga dalam penelitian ini menunjukan bahwa perbedaan yang terjadi dalam penetapan usia menopause dan persamaan pada usia haid. Semua ini tidak ada penjelasan dari nash, melainkan melihat dari kebiasaan dan keadaan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Haid, Menopause, Usia Haid, Usia Menopause.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.8 Fiqih dari Berbagai Faham/ Mazhab
Divisions: Fakultas Syariah > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Esti Laeli Fatikhah sdr
Date Deposited: 30 Apr 2021 07:11
Last Modified: 30 Apr 2021 07:11
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10088

Actions (login required)

View Item View Item