IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH MI MA’ARIF NU 02 BABAKAN KARANGLEWAS BANYUMAS

Yufi, Yuanditra (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH MI MA’ARIF NU 02 BABAKAN KARANGLEWAS BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
YUFI YUANDITRA_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH MI MA’ARIF NU 02 BABAKAN KARANGLEWAS BANYUMAS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran menjadi satu kesatuan dan mampu memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik, namun pada pelaksanaanya guru masih saja belum melaksanakan pembelajaran tematik sebagaimana mestinya. Masalah penelitian ini adalah (1)Bagaimana implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di kelas rendah MI Ma’arif NU 02 Babakan Karanglewas Banyumas? (2) Apa saja kendala-kendala dan solusinya dalam pembelajaran tematik di kelas rendah MI Ma’arif NU 02 Babakan Karanglewas Banyumas?. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif yang berisi kutipan dari hasil penelitian yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif NU 02 Babakan Karanglewas Banyumas dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan metode triangulasi (gabungan) yaitu Reduksi data (mengumpulkan data), Display ( penyajian data), dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas rendah MI Ma’arif NU 02 Babakan Karanglewas Banyumas terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan sudah sesuai dengan standar atau kurikulum 2013. Pada tahap pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas rendah, guru belum sepenuhnya melakukan pembelajaran tematik dengan mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah dibuat. Pada tahap evaluasi, guru menggunakan penilaian otentik sesuai dengan ketentuan yang ada pada kurikulum 2013. Kendala-kendala yang dihadapi pada pembelajaran tematik di kelas rendah MI Ma’arif NU 02 Babakan Karanglewas Banyumas yaitu keterbatasan pengetahuan guru mengenai penerapan model pembelajaran tematik, kemampuan guru dalam mengembangkan RPP dan dalam menyusun soal evaluasi, terbatasnya sarana dan prasarana, perbedaan tingkat kepercayaan diri setiap peserta didik, daya tangkap peserta didik yang berbeda, umur yang masih belia dan masih sangat perlu bimbingan. Solusi yang diambil yaitu dengan menyusun RPP secara bersama-sama dalam kegiatan KKG, melengkapi sarana dan prasarana pendukung, melakukan bimbingan ekstra dan memfokuskan pada kemampuan membaca, menulis dan menghitung, memaksimalkan penggunaan bahan ajar yang ada, meningkatkan rasa kepercayaan diri peserta didik dengan menjawab pertanyaan secara bergantian di papan tulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, Kelas Rendah.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yufi Yuanditra
Date Deposited: 13 Apr 2021 02:12
Last Modified: 13 Apr 2021 02:12
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10057

Actions (login required)

View Item View Item