Perbedaan Harga Jual Dari Produsen Ke Reseller Lama Dan Reseller Baru Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Islam (Studi kasus Produk Mie Lidi Mblaged Sokaraja Tengah)

Ashhabul, Yamin (2021) Perbedaan Harga Jual Dari Produsen Ke Reseller Lama Dan Reseller Baru Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Islam (Studi kasus Produk Mie Lidi Mblaged Sokaraja Tengah). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_ Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ashhabul Yamin_Perbedaan Harga Jual Dari Produsen Ke Reseller Lama Dan Reseller Baru Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Islam(Studi kasus Produk Mie Lidi Mblaged Sokaraja Tengah).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam jual beli harga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam proses pembelian. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu barang ataupun jasa. Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang bagi sesorang pada waktu tertentu. Dengan adanya suatu harga, maka masyarakat dapat menjual suatu barang yang mereka miliki dengan harga umum dan dapat diterima. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai perbedaan harga yang dilakukan oleh produsen makanan mi lidi mblaged kepada reseller lama dan reseller baru. Di mana reseller baru mendapatkan harga yang lebih mahal ketimbang reseller lama yang mendapatkan harga yang lebih murah, dengan alasan reseller lama sudah menjalin kerjasama lebih dahulu patut diberi reward (sebuah penghargaan) dan juga dari produsennya ada rasa iba tersendiri ke reseller lama. Bagaimana praktik tersebut, apakah jual beli seperti ini dengan perbedaan harga ini sudah terpenuhi rukun dan syarat jual beli dalam islam. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh data atau informasi sesuai dengan keadaan asli di lapangan. Data primer diperoleh dengan metode wawancara dan data sekunder diambil dari dari buku, skripsi, jurnal, artikel, internet. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik jual beli tersebut merupakan akad jual beli salam. Adanya perbedaan harga yang dilakukan oleh produsen dengan membedakan harga antara reseller lama dengan reseller baru, merupakan suatu tindakan diskriminasi harga yang dilakukan oleh produsen yaitu dengan menetapkan harga berbeda kepada kelompok yang berebeda dari reseller, penetapan harga tersebut termasuk penetapan harga berdasarkan waktu (time pricing). Perbedaan harga yang dilakukan oleh produsen adalah jual beli yang sah karena sudah terpenuhinya rukun dan dalam syarat jual beli, dan selagi dari produsen tidak mengambil keuntungan yang berlebihan atau dengan cara yang dilarang oleh syariat Islam. Dan antara penjual dengan pembeli suka sama suka dan saling rela tanpa adanya paksaan. Akan tetapi adanya diskriminasi harga yang dilakukan oleh produsen belum memuat prinsip-prinsip bermuamalah yaitu belum terpenuhinya prinsip keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ekonomi tentang perbedaan harga
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ashhabul Yamin
Date Deposited: 01 Apr 2021 03:55
Last Modified: 01 Apr 2021 03:55
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10043

Actions (login required)

View Item View Item