ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA’ARIF NU 1 SOKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Ismun, Fatimah Nur (2021) ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA’ARIF NU 1 SOKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ismun Fatimah Nur.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik pada dasarnya memerlukan optimalisasi penggunaan media pembelajaran yang bervariasi sehingga akan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang abstrak. Maka dari itu, guru perlu menggunakan sebuah media pembelajaran dalam pembelajaran tematik yang disesuaikan dengan tema, materi dari berbagai mata pelajaran yang relevan, dan lain sebagainya yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang abstrak. Dari hasil observasi awal di MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah di kelas IV, menunjukkan bahwa siswa terlihat aktif dalam pembelajaran tersebut dengan ikut mencoba media pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui materi yang dijelaskan dari kedua media pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran tematik kelas IV di MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran tematik di MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, data display/ penyajian data, dan conclusion drawing/ verification. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam tema 2: Selalu Berhemat Energi adalah media video, media benda mobil tiruan yang terbuat dari botol bekas, sedotan dan balon, media berupa gambar benda elektronik yang terdapat dalam buku pelajaran dan gambar poster, serta media rekaman suara. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan kepada materi dan KD. Penggunaan media pembelajaran pada tema 2 disesuaikan kepada tujuan pembelajaran yang akan dicapai, motivasi belajar siswa, perbedaan individual siswa (gaya belajar siswa), kepraktisan dan keluwesan, dan melihat kepada kemampuan guru dalam menggunakannya. Penggunaan media pembelajaran dalam tema 2 termasuk dalam media di luar kelas. Salah satu fungsi dari penggunaan media pembelajaran yang diperoleh adalah memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Sedangkan untuk manfaat yang diperoleh adalah mampu menjadikan siswa lebih kreatif, aktif, bertanggung jawab dan percaya diri, serta mampu menimbulkan motivasi belajar pada siswa. Dalam mengevaluasi media pembelajaran, guru menggunakan teknik penugasan kepada siswa dan berkomunikasi langsung kepada siswa melalui panggilan video.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Media Pembelajaran, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Ismun Fatimah
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:27
Last Modified: 12 Mar 2021 02:27
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10022

Actions (login required)

View Item View Item