PERANAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 RAKIT BANJARNEGARA

Riyan, Setyo Aji (2021) PERANAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 RAKIT BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB 1_BAB5_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIYAN SETYO AJI_PERANAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 RAKIT.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Orang tua adalah orang yang bertanggung jawab utama dalam pendidikan anak. Orangtua berperan penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan mereka. Peranan orang tua antara lain memberi dorongan motivasi,membimbing belajar, memberi teladan yang baik, membangun komunikasi yang lancar dengan anak, serta memberi fasilitas belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan memberikan gambaran secara sistematis tentang keadaan yang sedang berlangsung pada obyek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuibagaimana peranan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Rakit Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini 85 siswa atau 50% dari populasi siswa kelas VII yang berjumlah 168 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secarasampel kuota atau quota sample, teknik ini dilakukan tidak mendasarkan strata, tetapi mendasarkan pada jumlah yang sudah ditentukan.Pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan rumus persentase : P = F/N x100%. Setelah data dipresentasikan kemudian data tersebut dikategorikan dalam 4 kategori yaitu baik, cukup, kurang baik, dan tidak baik. Berdasarkan Analisa Data hasil persentase data sebesar 73,6% berada diantara 56% - 75%. Dengan demikian peranan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rakit Banjarnegara dalam kategori “cukup”. Kata Kunci: Peranan Orang Tua, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan Orang Tua, Prestasi Belajar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 110 Metaphysics > 119 Number and quantity
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riyan Setyo Aji
Date Deposited: 03 Mar 2021 08:49
Last Modified: 03 Mar 2021 08:49
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/10014

Actions (login required)

View Item View Item